Para Jagoan Asia Waspada, Pebulutangkis Eropa Kini Mulai Goyang Ranking BWF!

Rabu, 19 April 2023 15:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Robin Tabeling dan Selena Piek menjadi salah satu pemain Eropa yang tembus 10 besar di ranking BWF. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Robin Tabeling dan Selena Piek menjadi salah satu pemain Eropa yang tembus 10 besar di ranking BWF.

INDOSPORT.COM – Para pebulutangkis Eropa secara bertahap mulai menunjukkan eksistensinya, setelah sekian lama para atlet Asia mendominasi di ajang tepok bulu.

Sudah tak perlu diragukan lagi kualitas pebulutangkis beberapa negara Asia seperti China, Indonesia, Jepang dan lainnya yang kerap menjadi momok para rivalnya.

Bahkan sejumlah perwakilan dari negara Asia selalu mendominasi sejumlah turnamen baik dari level rendah maupun level tertinggi.

Biasanya negara Eropa atau Amerika maupun dari benua Afrika kesulitan melawan pemain dari Asia, hanya ada segelintir pemain dari benua biru yang bisa melakukannya.

Namun kini nampaknya hal tersebut tidak terlalu berlaku, seiring sejumlah pemain Eropa mampu menjadi kuda hitam di atas lapangan maupun dalam posisi ranking BWF.

Berdasarkan update ranking BWF di pekan ke-16 pada Selasa (18/4/23), hanya ada lima pemain Eropa yang tembus 10 besar di semua sektor.

Yakni Viktor Axelsen (Denmark/1), Carolina Marin (Spanyol/6), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/9).

Lalu ada dua ganda campuran yakni Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis/6) dan Robin Tabeling/Selena Piek (Belanda/9) di 10 besar ranking BWF.

Di sisi lain akun Badminton Eropa di Twitter juga menginformasikan ada beberapa nama pemain Eropa yang mencapai peringkat terbaiknya.

Yakni ada enam pemain Eropa yang mencapai posisi terbaiknya di 50 besar di ranking BWF yang tentu membuat Indonesia harus waspada.