BAC 2023: Runtuhkan Peraih Medali Olimpiade, Ana/Tiwi Umbar Kunci ke 8 Besar

Kamis, 27 April 2023 18:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi umbar kunci ke perempat final BAC 2023 usai pulangkan peraih medali Olimpiade, Kim So-yeong/Kong Hee–yong. Copyright: © PBSI
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi umbar kunci ke perempat final BAC 2023 usai pulangkan peraih medali Olimpiade, Kim So-yeong/Kong Hee–yong.

INDOSPORT.COM - Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi umbar kunci ke perempat final BAC 2023 usai pulangkan peraih medali Olimpiade, Kim So-yeong/Kong Hee–yong.

Ana/Tiwi, sukses memberikan kejutan dengan menumbangkan unggulan ketiga asal Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong di babak 16 besar Badminton Asia Championships 2023 (BAC).

Bertanding di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Kamis (27/4/23), Ana/Tiwi, sapaan akrab pebulutangkis Indonesia itu menang dua gim langsung dengan skor akhir 21-16 dan 21-16.

Menghadapi peraih medali perunggu OIimpiade 2020 Tokyo, Ana/Tiwi sungguh tak gentar sejak awal partandingan. Bahkan mereka sempat unggul jauh 12-3.

Meskipun sempat tersusul bahkan skor menjadi imbang 14-14, Ana/Tiwi mampu tampil tenang dan mengamankan gim pertama.

Memasuki gim kedua, Ana/Tiwi dalam posisi mengejar setelah Kim So-yeong/Kong Hee –yong menunjukkan sinyal kebangkitan.

Namun siapa sangka, Ana/Tiwi yang pantang menyerah, mampu meraih enam poin beruntun dan berhasil berbalik unggul menjadi 12-10.

Di sisi lain, Kim So-yeong/Kong Hee–yong melakukan beberapa kesalahan sendiri. Hal yang pada akhirnya dimanfaatkan Ana/Tiwi untuk mengunci kemenangan 21-16 di gim kedua.

Usai memastikan diri lolos ke perempat final Badminton Asia Championships 2023 (BAC), Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi mengumbar kunci keberhasilan mereka di lapangan.

“Memang dari sebelum masuk lapangan kami sudah mempersiapkan untuk tidak ikut pola permainan mereka. Kami banyak melakukan variasi tekanan, kadang kencang tapi ada juga memperlambat,” ujar Febriana dalam rilis resmi PBSI.