Ganda Degradasi Jadi Tulang Punggung di BAC 2023, BAM Dirujak BL Malaysia

Minggu, 30 April 2023 14:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Ganda putra yang terdegradasi, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi ke final Badminton Asia Championships 2023 membuat badminton lovers Malaysia mengkritik Pelatnas BAM. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Ganda putra yang terdegradasi, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi ke final Badminton Asia Championships 2023 membuat badminton lovers Malaysia mengkritik Pelatnas BAM.

INDOSPORT.COM – Ganda putra yang terdegradasi, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi ke final Badminton Asia Championships 2023 membuat badminton lovers Malaysia tulis kritikan ke Pelatnas BAM.

Tim bulutangkis Malaysia berhasil mengirimkan satu wakil di partai final Badminton Asia Championships 2023 yakni di sektor ganda putra.

Mereka adalah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang tampil gemilang mengalahkan Juara Dunia 2021, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di semifinal dengan skor 21-16, 26-24.

Kemenangan ini turut menjadi momen bahagia badminton lovers Malaysia yang menanti-nantikan kebangkitan wakil Malaysia di turnamen bulutangkis awal musim 2023.

Namun, penampilan gemilang Ong/Teo yang sukses membawanya ke final turut menjadi sorotan karena ganda putra ini bukan merupakan bagian dari Pelatnas BAM.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) sendiri resmi mendegradasi Ong Yew Sin/Teo Ee Yi pada 2020 lalu karena dianggap kurang menunjukkan peningkatan penampilan.

Tak hanya Ong/Teo, BAM juga mencoret beberapa nama seperti Soong Joo Ven, Tan Jia Wei, Mohd Ziyad Tah, Payee Lim Peiy Yee dan Lim Chiew Sien.

Namun, Ong/Teo tampaknya malah tampil lebih baik usai keluar dari BAM. Mereka langsung gacor juara di Thailand Masters 2020 usai didegradasi.

Bahkan, baru-baru ini, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi mencatatkan tinta emas dengan melaju ke partai pamungkas di Badminton Asia Championships 2023.

Pasangan ranking delapan BWF ini akan menghadapi ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di final Badminton Asia Championships 2023.