In-depth

Flashback Piala Sudirman: Saat Indonesia Ukir Catatan Terpahit dalam Sejarah

Minggu, 14 Mei 2023 13:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© BWF
Flashback Piala Sudirman, ketika tim Indonesia menciptakan catatan paling pahit sepanjang sejarah berkompetisi di ajang ini. Foto: BWF. Copyright: © BWF
Flashback Piala Sudirman, ketika tim Indonesia menciptakan catatan paling pahit sepanjang sejarah berkompetisi di ajang ini. Foto: BWF.

INDOSPORT.COM - Flashback Piala Sudirman, ketika tim Indonesia menciptakan catatan pahit sepanjang sejarah berkompetisi di ajang ini.

Turnamen bulutangkis Piala Sudirman 2023 sudah mulai bergulir per hari ini, Minggu (14/05/23) di Suzhou, China.

Tim Indonesia sendiri baru akan memulai perjuangan mereka besok, Senin (15/05/23) menghadapi Kanada.

Tentu saja, edisi kali ini adalah kesempatan besar lainnya bagi Indonesia untuk membawa pulang Piala Sudirman ke Tanah Air setelah sekian tahun lamanya.

Indonesia pun dikenal sebagai salah satu kontestan dengan reputasi mentereng dan ditakuti di kancah Piala Sudirman.

Meski begitu, ada satu momen pahit yang mungkin akan selalu dikenang jika membahas sepak terjang skuad Indonesia di turnamen bulutangkis bergengsi ini.

Adalah Piala Sudirman 2017, di mana Indonesia mencatatkan sejarah pahit gagal mencapai perempat final untuk pertama kalinya.

Kemenangan melawan tim Denmark di fase grup pun tidak membawa dampak signifikan bagi skuad Indonesia, mengingat sebelumnya mereka takluk di tangan India.

Indonesia tercecer di dasar klasemen Grup 1D dengan 4 poin kemenangan, India mengoleksi 5 poin, sedangkan Denmark 6.

Sebelum kegagalan di edisi 2017, Indonesia sudah enam kali menasbihkan diri sebagai semifinalis dan satu kali mencapai perempat final.