Haduh! Belum Juga Main, China Disebut ‘Curang’ di Piala Sudirman 2023

Minggu, 14 Mei 2023 14:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tuan rumah, China, disebut curang oleh badminton lovers (BL) di Piala Sudirman 2023 karena mengubah format order of play. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tuan rumah, China, disebut curang oleh badminton lovers (BL) di Piala Sudirman 2023 karena mengubah format order of play.

INDOSPORT.COM – Tuan rumah, China, disebut curang oleh badminton lovers (BL) di Piala Sudirman 2023 karena mengubah format order of play.

Sekadar informasi, China resmi ditunjuk BWF melalui Sekretaris Jenderal, Thomas Lund, untuk menjadi tuan rumah Piala Sudirman 2023 pada rilis resmi 2021 lalu.

Sebelumnya, China memang telah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pada edisi 2021. Karena pandemi Covid-19, Finlandia yang akhirnya terpilih.

Setelah resmi kembali ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pada edisi 2023, China malah menuai kritikan dari penggemar bulutangkis atau badminton lovers.

Melansir cuitan akun Twitter badminton lovers Malaysia, @ThongWeeDaphne, format order of play menjadi membingungkan karena menempatkan ganda campuran di partai pertama.

Saya bingung dengan format order of play Piala Sudirman. Kenapa XD menjadi yang pertama?,” cuit penggemar asal Malaysia itu.

Taipei vs India (contohnya) nggak ada pemain yang bertanding di 2 sektor tapi masih pakai format seperti ini. Format kayak gini sangat menguntungkan tuan rumah,” sambungnya.

Tentu, tuan rumah lebih beruntung dengan menempatkan ganda campuran di partai perdana. Pasalnya, sektor ini merupakan andalan China di Piala Sudirman 2023.

China sendiri menurunkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Feng Yanzhe/Huang Dongping yang merupakan penguasa ganda campuran.

Apalagi, Zheng Siwei/Huang Yaqiong merupakan ganda campuran utama yang saat ini menduduki ranking 1 dunia dan tampil mengerikan di awal musim 2023.