In-depth

Profil Aaron Chia/Soh Wooi Yik: Karier Melesat hingga Jadi Kebanggaan Malaysia

Minggu, 28 Mei 2023 13:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PEDRO PARDO/AFP via Getty Images
Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Foto: PEDRO PARDO/AFP via Getty Images. Copyright: © PEDRO PARDO/AFP via Getty Images
Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Foto: PEDRO PARDO/AFP via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Profil Aaron Chia/Soh Wooi Yik, ganda putra peringkat dua ranking BWF yang baru saja terhempas dari turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2023.

Ya, status tuan rumah Malaysia Masters pada kenyataannya bukan jaminan bagi Aaron Chia/Soh Wooi Yik untuk bisa berjaya di negeri sendiri.

Bermain di Kuala Lumpur, langkah mereka terhenti di perempat final usai dijegal pasangan Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Mudah saja, Leo/Daniel memastikan tiket ke 4 besar dengan kemenangan dua gim 21-18, 21-19, terlepas dari status mereka sebagai unggulan kedelapan turnamen.

Chia/Soh, selain menjadi ganda andalan tuan rumah, juga menyandang predikat unggulan kedua dan menghadapi lawan-lawan nonunggulan sebelum sampai ke 8 besar.

Hanya saja, pesaing ketat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di dua besar ranking BWF tersebut pada akhirnya ditakdirkan tidak bisa melaju jauh di Malaysia Masters 2023.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa profil Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi salah satu yang paling menarik untuk dibahas, apalagi saat ini ketika ajang Malaysia Masters 2023 tengah bergulir.

Pasangan ini, sudah menjadi partner duet sejak Kejuaraan Dunia Junior 2016 meski sempat terpisah sebelum akhirnya ‘bersatu’ lagi di skuad bulutangkis Malaysia satu tahun kemudian.

Pada waktu itu, baik Aaron Chia maupun Soh Wooi Yik belum mampu meraih popularitas yang tinggi. Mereka masih berjuang mewujudkannya.

Perjalanan Aaron Chia/Soh Wooi Yik hingga bisa sukses seperti sekarang, dan bertengger di papan atas daftar ranking BWF, sejatinya baru benar-benar 'dimulai' pada 2019 lalu.