Jojo-Ginting Tak Dianggap! Lin Dan Ramal Rivalitas Tunggal Putra Jelang Olimpiade

Selasa, 30 Mei 2023 22:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shi Tang/Getty Images
Legenda bulutangkis China, Lin Dan, mengintip rivalitas tunggal putra jelang Olimpiade Paris, tanpa menyebut Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Legenda bulutangkis China, Lin Dan, mengintip rivalitas tunggal putra jelang Olimpiade Paris, tanpa menyebut Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis China, Lin Dan, mengintip rivalitas sektor tunggal putra jelang Olimpiade Paris. Namun, nama Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan tidak disebut oleh peraih dua medali emas Beijing dan London tersebut.

Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga bulutangkis sudah dimulai sejak Mei 2023 hingga April 2024 mendatang. Sejauh ini, poin-poin Piala Sudirman dan Malaysia Masters sudah dikumpulkan para pemain dunia. 

Lin Dan dan rival sengitnya, Lee Chong Wei, baru saja dinobatkan ke dalam Hall of Fame BFW di Kuala Lumpur, bersamaan dengan turnamen Malaysia Masters 2023 pekan lalu.

Dalam sesi konferensi pers, Lin Dan menyoroti sektor tunggal putra di era masa kini. Peraih dua kali medali emas Olimpiade tersebut menyebut persaingan di sektor tersebut sangat sengit.

Sebagaimana melansir dari Aiyuke, Lin Dan menyebut nama Viktor Axelsen yang saat ini berstatus tunggal putra Nomor 1 dunia pada ranking BWF.

Menurut Lin Dan, tunggal putra asal Denmark tersebut memiliki performa yang lebih stabil meski musim ini jarang mengikuti turnamen karena dibekap cedera.

Axelsen musim ini baru memenangkan satu gelar juara, yakni Malaysia Open 2023, pada lima turnamen yang dijalani dari sembilan event BWF World Tour yang sudah berlangsung.

Meski demikian, Axelsen masih mampu mempertahankan posisinya di peringkat satu dunia berkat perolehan poin 103.005 yang belum terkejar oleh rival-rivalnya.

Di sisi lain, Lin Dan menilai tunggal putra nomor satu Malaysia Lee Zii Jia dan bintang China, Shi Yuqo, sedikit tertinggal pada musim ini.

Lee Zii Jia yang sempat menduduki peringkat dua dunia harus melorot ke peringkat 10 dunia pada update ranking BWF, Selasa (30/05/23).

Sedangkan Shi Yu Qi kembali turun di peringkat 9 dunia meski sempat menanjak performanya sejak terlempar ke peringkat 30 dunia pada awal musim.