BWF Mendadak Beri Statement soal Hall of Fame Lee Chong Wei - Lin Dan, Sindiran ke Taufik Hidayat?

Senin, 5 Juni 2023 10:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Hasnoor Hussain
BWF akhirnya angkat bicara soal polemik legenda China Malaysia dan China, Lee Chong Wei dan Lin Dan masuk Hall of Fame yang dikritik Taufik Hidayat. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain) Copyright: © REUTERS/Hasnoor Hussain
BWF akhirnya angkat bicara soal polemik legenda China Malaysia dan China, Lee Chong Wei dan Lin Dan masuk Hall of Fame yang dikritik Taufik Hidayat. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

INDOSPORT.COM - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akhirnya angkat bicara soal polemik legenda China Malaysia dan China, Lee Chong Wei dan Lin Dan masuk Hall of Fame yang dikritik Taufik Hidayat.

Perdebatan kelayakan Lee Chong Wei masuk dalam daftar BWF Hall of Fame 2023 memanas belakangan ini lantaran legenda Malaysia tersebut belum pernah meraih emas Olimpiade sampai gantung raket.

Taufik Hidayat menjadi sosok yang paling frontal menyuarakan kritikan tersebut, terlepas dirinya sendiri belum mendapat kesempatan masuk Hall of Fame BWF.

Melalui akun resmi Twitter-nya, BWF menegaskan bahwa pemilihan Hall of Fame ditentukan atas rekomendasi Komisi Penghargaan BWF dan sudah sesuai dengan kriteria dalam aturan BWF.

Selain itu, BWF memandang bahwa Lee Chong Wei dan Lin Dan layak mendapatkan penghargaan tersebut berkat kontribusi luar biasa mereka untuk bulutangkis.

"Atas rekomendasi dari Komisi Penghargaan BWF, Dewan BWF mengesahkan nominasi Lin Dan dan Lee Chong Wei untuk Hall of Fame BWF sesuai kriteria seleksi yang diuraikan dalam Peraturan Penghargaan BWF," tulis BWF dalam pernyataan resminya, Minggu (04/06/23).

“Keduanya adalah penerima penghargaan yang layak atas kontribusi luar biasa mereka untuk bulutangkis selama periode waktu yang signifikan.”

“BWF mengakui pencapaian dan kontribusi dari banyak dari legenda olahraga ini dan berharap dapat memasukkan lebih banyak juara ke dalam Hall of Fame BWF di tahun-tahun mendatang,” tulis BWF menambahkan.

Pernyataan resmi BWF ini seolah-olah menjadi sebuah tamparan bagi Taufik Hidayat yang sudah membuat komentar pedasnya soal Hall of Fame ini.

Diketahui, Taufik Hidayat dalam sebuah podcast beberapa waktu lalu menilai BWF lebih mementingkan karier stabil daripada prestasi di dunia bulutangkis.

Selain itu, Taufik Hidayat juga membanding-bandingkan prestasi yang diraih selama kariernya dengan Lee Chong Wei yang belum pernah merebut gelar Olimpiade, Kejuaraan Dunia atau Thomas Cup.