Buntut Kontroversi BWF Hall of Fame, BL Ramai Ungkit Skandal Doping Lee Chong Wei

Senin, 5 Juni 2023 18:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Hasnoor Hussain
Lee Chong Wei di penghargaan Hall of Fame BWF. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain) Copyright: © REUTERS/Hasnoor Hussain
Lee Chong Wei di penghargaan Hall of Fame BWF. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

INDOSPORT.COM – Badminton Lovers (BL) kembali ungkit skandal doping Lee Chong Wei buntut kontroversinya dengan Taufik Hidayat usai masuk BWF Hall of Fame.

Seperti diketahui, penggemar bulutangkis Malaysia baru saja dibuat geram dengan pernyataan Taufik Hidayat yang blak-blakan menyindir Lee Chong Wei usai masuk ke dalam BWF Hall of Fame.

Lee Chong Wei dan Lin Dan sendiri berhasil masuk ke dalam BWF Hall of Fame tentu karena prestasi dan sumbagsih yang besar di bulutangkis.

Mantan tunggal putra peringkat 1 di ranking BWF itu berhak menerima Hall of Fame karena berhasil mencatatkan deretan prestasi seperti 69 gelar juara dan 34 runners-up di sepanjang kariernya.

Selain itu, Chong Wei itu juga berhasil mengoleksi tiga medali perak Olimpiade, dua kali Juara Asia hingga tiga medali perak Kejuaraan Dunia.

Namun, Chong Wei tak memiliki prestasi mentereng di turnamen utama seperti emas Olimpiade hingga gelar juara dunia. Hal ini yang menuai respons panas Taufik Hidayat.

Tak hanya itu, Lee Chong Wei juga pernah terjerat kasus doping pada 2014. Di mana hasil tes urine tunggal putra kebanggaan Malaysia itu terdapat zat dexamethasone.

Dengan ini, Chong Wei mendapat hukuman dilarang bermain selama delapan bulan dan ia terpaksa mengembalikan medali perak Kejuaraan Dunia.

Oleh sebab itu, komentar pedas Taufik Hidayat menuai pro kontra terutama di kalangan penggemar Indonesia yang mempertanyakan kepantasan Chong Wei menerima BWF Hall of Fame.

Usai melontarkan komentar pedas kepada mantan rivalnya itu, Taufik Hidayat lantas menjadi sorotan panas penggemar hingga legenda bulutangkis Malaysia.