Sengitnya Top 10 Ranking BWF, Pembuktian Ginting dan Jonatan di Singapore Open

Senin, 5 Juni 2023 10:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Sengitnya persaingan tunggal putra di top 10 ranking BWF menjadikan ujian bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menjelang Singapore Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Sengitnya persaingan tunggal putra di top 10 ranking BWF menjadikan ujian bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menjelang Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Sengitnya persaingan tunggal putra buluangkis di top 10 ranking BWF menjadikan ujian bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menjelang Singapore Open 2023.

Singapore Open 2023 akan dihelat pada 6-11 Juni 2023 di Singapore Indoor Stadium, tepat setelah gelaran Thailand Open 2023 yang baru berlangsung pekan lalu.

Namun sebelum itu, federasi bulutangkis dunia akan merilis ranking BWF terbaru pada pemain bulutangkis dunia per Selasa (06/06/23) besok.

Dari sektor tunggal putra, jawara Thailand Open 2023, Kunlavut Vitidsarn secara mengejutkan bakal naik dua anak tangga ke peringkat tiga dunia, menyalip Kodai Naraoka dan Loh Kean Yew.

Kemenangannya atas Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) di final Thailand Open kemarin Minggu (04/06/23) memberi tambahan poin ranking BWF signifikan untuk tunggal putra tuan rumah.

Melansir dari Badminton Talk, Kunlavut diprediksi akan mengantongi 74.898, hanya berjarak sekitar 6.000 poin dari tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting yang ada di posisi kedua. 

Naiknya Kunlavut Vitidsarn di tiga besar ranking BWF tak pelak memberi ancaman serius bagi Anthony Ginting yang belum meraih hasil maksimal sejauh musim ini.

Dari lima turnamen yang sudah dijalani, Ginting hanya mampu mencapai hasil terbaik di India Open 2023 pada Januari lalu, tepatnya di babak semifinal.

Sedangkan di Malaysia Open, yang jadi turnamne terakhirnya (absen di Thailand Open), Ginting hanya bisa melaju hingga babak 16 besar.

Situasi ini juga membuat posisi rekan Ginting, Jonatan Chrsitie, yang tergusur ke peringkat 6 ranking BWF semakin rawan lengser lagi jika gagal meraih hasil bagus di turnamen berikutnya, Singapore Open 2023.