Demi Juara Kandang, Loh Kean Yew Dibekali Senjata Khusus di Singapore Open 2023

Rabu, 7 Juni 2023 12:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Loh Kean Yew telah dibekali senjata khusus oleh asosiasi bulutangkis Singapura (SBA) untuk bisa memenangkan gelar pertama di Singapore Open 2023. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Loh Kean Yew telah dibekali senjata khusus oleh asosiasi bulutangkis Singapura (SBA) untuk bisa memenangkan gelar pertama di Singapore Open 2023.

INDOSPORT.COM - Atlet bulutangkis Singapura, Loh Kean Yew, telah dibekali senjata khusus oleh asosiasi bulutangkis negaranya (SBA) untuk bisa memenangkan gelar pertama di Singapore Open 2023.

Loh Kean Yew, yang berperingkat 5 ranking BWF, menjadi satu-satunya harapan tuan rumah untuk memenangkan gelar juara di turnamen bulutangkis Singapore Open 2023 (6-11 Juni).

Pemain yang menjadi Juara Dunia 2021 tersebut diharapkan bisa mengakhiri penantian gelar juara sektor tunggal putra selama 61 tahun sejak kemenangan Wee Choon Seng pada 1962.

Namun upaya Loh Kean Yew untuk menjadi tunggal putra pertama tuan rumah menjuarai Singapore Open akan penuh rintangan menilii dari hasil drawing turnamen edisi 2023 kali ini.

Di babak pertama Loh Kean Yew akan berhadapan dengan Lee Cheuk Yiu yang baru saja keluar sebagai runner-up Thailand Open 2023 pekan lalu.

Atlet asal Hong Kong peringkat 14 dunia ini unggul 3-0 atas Loh meski pertemuan terakhir dimenangkan Loh di Badminton Asia Championships pada April lalu.

Jika berhasil lolos ke babak kedua, Loh Kean Yew yang berstatus unggulan keempat berpotensi menghadapi jawara Thailand Open, Kunlavit Vitidsarn.

Loh sendiri pernah kalah di final SEA Games 2022 dari Kunlavut dan sampai saat ini dirinya belum mampu mengalahkan pemain Thailand tersebut dalam lima pertemuan terakhirnya.

Selain lawan-lawan berat yang harus dihadapi, Loh Kean Yew juga menghadapi situasi lapangan bulutangkis di stadion yang memengaruhi laju shuttlecock menjadi berat karena faktor angin.

Oleh karenanya, Direktur Teknik Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA), Martin Andrew, berusaha melakukan perubahan agar Loh Kean Yew bisa nyaman bermain di kandang sendiri.