Leo/Daniel dan Ginting: Juara Bertahan Tersisa Tulang Punggung Indonesia di Singapore Open

Jumat, 9 Juni 2023 10:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Hingga babak perempat final, hanya dua jawara bertahan yang tersisa yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Hingga babak perempat final, hanya dua jawara bertahan yang tersisa yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ajang bulutangkis Singapore Open 2023 menjadi kuburan untuk para juara bertahan. Hingga babak perempat final, hanya dua jawara bertahan yang tersisa yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Anthony Sinisuka Ginting.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Anthony Sinisuka Ginting merupakan pemenang turnamen Singapore Open 2022 yang saat itu masih berada di level BWF Super 500.

Tahun lalu, keberhasilan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi juara juga menjadikan Indonesia keluar sebagai juara umum di ajang tersebut.

PV Sindhu menjadi pemenang di sektor tunggal putri edisi tahun lalu, sedangkan di sektor ganda campuran dimenangkan oleh wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Namun sayang sekali, tiga dari lima juara bertahan tersebut harus kandas pada babak awal Singapore Open 2023 yang tahun ini dinaikkan levelnya menjadi Super 750.

Dimulai dari kekalahan prematur PV Sindhu atas tunggal putri nomor 1 ranking BWF dari Jepang, Akane Yamaguci di babak 32 besar lewat tiga set 21-18, 19-21, 17-21.

Kemudian disusul kekalahan Apriyani/Fadia dan Dechapol/Sapsiree di babak 16 besar. Apriyani/Fadia kalah dari Rin Iwanaga/Kie Nakanishi dari Jepang secara tiga set 19-21, 21-19, 15-21.

Sedangkan Dechapol/Sapsiree yang berstatus unggulan ketiga kalah dramatis dari wakil Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje, dua set langsung 24-26, 20-22.

Sementara, dua juara bertahan lainnya, yakni Leo/Daniel dan Anthony Ginting masih berusaha mempertahankan asa juara back-to-back dengan berhasil lolos ke babak perempat final Singapore Open 2023.

Mirisnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Anthony Sinisuka Ginting menjadi tulang punggung alias wakil Indonesia yang tersisa di turnamen berhadiah $850.000 tersebut.