Kemenangan Rehan/Lisa Dibantu Keputusan Curang, Wasit Berjuluk Elsa Dirujak Netizen Malaysia

Rabu, 14 Juni 2023 16:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Netizen Malaysia ramai-ramai menghujat wasit bulutangkis, Iris Metspalu usai memberikan keputusan tak adil untuk Rehan Naufal/Lisa Ayu di Indonesia Open 2023. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Netizen Malaysia ramai-ramai menghujat wasit bulutangkis, Iris Metspalu usai memberikan keputusan tak adil untuk Rehan Naufal/Lisa Ayu di Indonesia Open 2023.

INDOSPORT.COM – Netizen Malaysia ramai-ramai menghujat wasit bulutangkis, Iris Metspalu usai memberikan keputusan tak adil untuk Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Indonesia Open 2023.

Sejumlah wakil tuan rumah berhasil meraih kemenangan di babak pertama Indonesia Open 2023 yang berlangsung pada Selasa (13/6/23) dan Rabu (14/6/23).

Salah satunya ialah Rehan Naufal/Lisa Ayu yang berhasil mengamankan tiket ke babak kedua usai mengalahkan pemain unggulan ketujuh asal Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie.

Meski sempat diwarnai tragedi mati lampu, namun Rehan/Lisa berhail menang setelah menjalani pertandingan rubber gim yang sengit dan berakhir dengan skor 13-21, 26-24 dan 21-17 dari Goh/Lai di babak pertama.

Meski sudah dinyatakan lolos ke babak selanjutnya, namun kemenangan Rehan/Lisa masih menuai kontroversi.

Pasalnya, baru-baru ini beredar sebuah video tayangan ulang bahwa kemenangan wakil tuan rumah juga berkat adanya bantuan dari keputusan curang oleh umpire (wasit).

Salah satu video yang diunggah oleh Badminton Lovers (BL) Malaysia, @kaipeachys, nampak momen detik-detik jelang interval kedua di laga antara Rehan Naufal/Lisa Ayu vs Goh Lai.

Dalam video tersebut, terlihat pukulan Lisa membuat shuttlecock telah membentur net dan kemudian ditepis kembali oleh Lai Shevon Jemie.

Sontak Lisa pun secara refleks langsung melakukan melumat shuttlecock tersebut dan dinyatakan masuk sehingga unggul di interval kedua dengan skor 11-8.

Namun poin yang diberikan kepada Rehan Naufal/Lisa Ayu disebut curang karena seharusnya dianggap fault dan poin diberikan untuk Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie. Sayangnya hal tersebut tidak dilakukan oleh Iris Metspalu selaku sang umpire di babak pertama Indonesia Open 2023.