China Jadi Juara Umum Indonesia Open, Media Tiongkok Roasting Jepang dan Indonesia

Senin, 19 Juni 2023 18:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Keberhasilan tim bulutangkis China menjadi juara umum di Indonesia Open 2023 memancing media di Tiongkok untuk menyoroti pencapaian dua negara rivalnya, Jepang dan Indonesia. (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT) Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Keberhasilan tim bulutangkis China menjadi juara umum di Indonesia Open 2023 memancing media di Tiongkok untuk menyoroti pencapaian dua negara rivalnya, Jepang dan Indonesia. (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Keberhasilan tim bulutangkis China menjadi juara umum di Indonesia Open 2023 memancing media di Tiongkok untuk menyoroti pencapaian dua negara rivalnya, Jepang dan Indonesia.

Berakhir usai turnamen bulutangkis BWF World Tour Super 1000 Indonesia Open 2023 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, mulai 13 hingga 18 Juni 2023.

Hasil final turnamen berhadiah total USD 1.250.000 atau sekitar Rp18,55 Miliar memastikan China keluar sebagai juara umum dari sektor tunggal putri dan ganda campuran.

Dari tunggal putri, gelar juara direbut oleh Chen Yufei setelah menaklukkan wakil Spanyol, Carolina Marin, dua set langsung dengan skor 21-18, 21-19

Sebelumnya, ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong lebih dulu mempertahankan gelar edisi tahun lalu dengan mengalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, 21-14, 21-11.

Sebuah media asal China, Sohu dalam artikel yang terbit pada Senin (19/06/23), mengklaim bahwa dua gelar di Indonesia Open ini sudah sesuai target tim bulutangkis Negeri Tirai Bambu.

Pasalnya, performa bulutangkis China memang sempat menurun dalam tiga turnamen terakhir di Malaysia Masters, Thailand Open dan Singapore Open sejak menjuarai Piala Sudirman.

Setelah dinobatkan sebagai Piala Sudirman untuk yang ke-13 kalinya, performa China dalam tiga kompetisi terakhir sedang lesu. Paling banyak hanya meraih satu gelar dalam satu turnamen, yang tidak sesuai dengan citra negara adidaya bulutangkis,” tulis Sohu.

Dengan dua gelar juara Indonesia Open tersebut, China bak menutupi kegagalan tiga sektor lainnya yakni tunggal putra, ganda putra dan ganda putri di turnamen yang sama.

Tunggal putra Li Shifeng terhenti di semifinal. Sedangkan Chen Qing Chen/Jia Yifan serta Liang Wei Keng/Wang Chang kompak kandas di babak perempat final.