In-depth

Profil dan Agama Gita Wirjawan, Eks Ketum PBSI yang Diminta Selamatkan Bulutangkis Indonesia

Rabu, 21 Juni 2023 12:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© HUMAS PP PBSI
Mantan Ketua Umum PBSI, Gita Wirjawan. Copyright: © HUMAS PP PBSI
Mantan Ketua Umum PBSI, Gita Wirjawan.

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Gita Wirjawan, mantan Ketua Umum PBSI yang kini diminta selamatkan nasib bulutangkis Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Anthony Ginting lolos ke final Indonesia Open 2023, dan menuai pujian dari mantan Ketua Umum PBSI, Gita Irawan Wirjawan.

"Setiap ayunan dan tembakan (smash), Anthony Ginting membuat lawan terjepit. Pemain Indonesia pertama yang mampu mencapai final tunggal putra di Indonesia Open setelah 11 tahun!" cuit Gita Wirjawan di Twitter.

Ungkapan ini kemudian viral di media sosial, dan banyak Badminton Lovers (BL) yang meminta agar Gita Wirjawan kembali ke PBSI untuk menyelamatkan bulutangkis Indonesia.

Siapa sebenarnya Gita Wirjawan, dan apa kontribusinya untuk bulutangkis Indonesia? Berikut ulasan INDOSPORT untuk Anda.

Gita Irawan Wirjawan adalah sosok kelahiran Jakarta, 21 September 1965. Ia merupakan anak dari pasangan Wirjawan Djojosoegito dan Paula Warokka Wirjawan.

Masa remaja Gita Wirjawan dihabiskan di India dan Bangladesh, karena sang ayah adalah dokter yang ditugaskan sebagai perwakilan Indonesia di badan kesehatan dunia WHO.

Gita Wirjawan menempuh pendidikan tinggi di University of Texas, Amerika Serikat, dan melanjutkan kuliah S2 di Baylor University, lulus pada 1989.

Pada tahun 1999, Gita mengambil lagi kuliah S2 jurusan Public Administration di Harvard University. Ia menamatkan pendidikannya hanya satu tahun, pada tahun 2000.

Sepanjang 2000 hingga 2010-an, Gita Wirjawan merintis karier dari nol, mulai dari bekerja di Citibank hingga JP Morgan, lalu kemudian ia merintis bisnis sendiri.