Tommy Sugiarto, Tunggal Terpinggirkan PBSI yang Pilih Anak Emaskan Ginting dan Jojo

Selasa, 27 Juni 2023 20:21 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Sepucuk kisah pemain bulutangkis tunggal putra, Tommy Sugiarto, bak anak tiri PBSI yang pilih menganakemaskan Anthony Ginting dan Jonatan Christie. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Sepucuk kisah pemain bulutangkis tunggal putra, Tommy Sugiarto, bak anak tiri PBSI yang pilih menganakemaskan Anthony Ginting dan Jonatan Christie.

INDOSPORT.COM – Sepucuk kisah pemain bulutangkis tunggal putra, Tommy Sugiarto, bak anak tiri PBSI yang pilih menganakemaskan Anthony Ginting dan Jonatan Christie.

Tommy Sugiarto menjadi salah satu pebulutangkis yang mencuri perhatian di Taipei Open 2023 karena namanya tak tertulis dalam rilis resmi PBSI sebagai pemain yang terdaftar.

Dalam rilis tersebut, PBSI hanya menuliskan Chico Aura Dwi Wardoyo yang menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia di turnamen bulutangkis level super 300 itu.

Namun, tak hanya di Taipei Open 2023 saja Tommy Sugiarto bak menjadi anak tiri PBSI. Pebulutangkis berusia 35 tahun itu juga pernah mengalami hal serupa kala masih berlatih di Pelatnas Cipayung.

Tommy resmi didegradasi PBSI pada 2015 lalu karena dianggap performanya tak berkembang serta prestasinya tak kunjung membaik.

Menariknya, kala masih berstatus sebagai tunggal putra di PBSI, Tommy pernah mendapat perlakuan tak mengenakkan sebagaimana dibongkar oleh sang ayah sekaligus legenda bulutangkis Indonesia, Icuk Sugiarto.

“Saya merasa kenapa kalau ada Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Tommy, kenapa harus Tommy (yang tak dianggap PBSI). Padahal saya juga sempat curhat sama Pak Jokowi kalau dia peringkat 1 (di Indonesia sebelum Asian Games 2018),” kata Icuk di kanal YouTube PRO3 SINIAR.

“(Tommy) peringkat 3 dunia, masa dia ga masuk skuat Asian Games. Tommy itu bukan anak penjahat atau koruptor, dia juga berhak main di Asian Games (2018),” sambungnya.

“Tommy itu yang bayar pajak saya, hasil Tommy (di turnamen) puluhan juta bayar, tapi gak merasakan Indonesia hadir (untuk mendukungnya),” kata legenda bulutangkis Indonesia itu.

Betul saja, di Asian Games 2018 itu, tunggal putra Indonesia hanya mengirimkan dua wakil yang bertanding yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christie.