Legenda Bulutangkis Indonesia, Candra Wijaya Dorong Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Atlet

Minggu, 2 Juli 2023 22:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Junko Kimura/Getty Images
Candra Wijaya selaku legenda bulutangkis Indonesia mendorong pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan atlet. Copyright: © Junko Kimura/Getty Images
Candra Wijaya selaku legenda bulutangkis Indonesia mendorong pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan atlet.

INDOSPORT.COMCandra Wijaya selaku legenda bulutangkis Indonesia mendorong pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan atlet.

Hal ini secara terang-terangan diungkapkan langsung oleh Candra Wijaya selaku peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 saat diwawancarai secara eklusif oleh media INDOSPORT.com.

Dalam kesempatan tersebut Candra ditanya soal apakah ada dana pensiun bagi para peraih medali emas Olimpiade.

Ia pun membahas beberapa hal termasuk mengkritisi nasib para atlet yang memasuki masa pensiun namun nyatanya kerja serabutan.

“Sistem atau strategi yang dibuat negara tidak memperlihatkan goodwill, belum terbaik dan maksimal," kata Candra Wijaya kepada INDOSPORT.com.

Menurut Candra, lebih lanjut ia mengatakan bahwa para atlet sudah selayaknya mendapatkan jaminan penghidupan hingga meninggal dunia

“Penghargaan harus bisa mensejahterakan atletnya sampai meninggal. Kalau di negara lain seperti itu. Asumsi saya kalau ASN itu dapet pensiun,” tegas dia.

Dia mencontohkan negara-negara lain yang memperhatikan para atletnya. Hal tersebut, menurut Candra paralel dengan prestasi di bidang olahraga.

“Misalnya tunjangan asuransi seumur hidup. Kalau di negara lain support atlet berprestasi sudah welcome dan sangat tangan terbuka,” tuturnya.

Selain itu sejatinya, kata Candra Wijaya, pemerintah sempat membuat regulasi ikhwal kesejahteraan para atlet. Khususnya saat memasuki masa pensiun. Namun aturan tersebut berhenti di tengah jalan.