Legenda Bulutangkis Malaysia Optimistis Wong Tat Meng Mampu Jinakkan Lee Zii Jia

Jumat, 7 Juli 2023 16:55 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda bulutangkis Malaysia, Rashid Sidek, optimistis Wong Tat Meng mampu menjinakkan Lee Zii Jia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda bulutangkis Malaysia, Rashid Sidek, optimistis Wong Tat Meng mampu menjinakkan Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Malaysia, Rashid Sidek, optimistis  Wong Tat Meng mampu menjinakkan Lee Zii Jia.

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, kini tengah berada di titik nadir. Pebulu tangkis andalan Negeri Jiran tersebut mengumumkan hiatus usai menorehkan sederet hasil negatif pada tahun ini.

Keputusan ini diumumkan Lee Zii Jia usai dirinya tersingkir di babak pertama Indonesia Open 2023. bulan lalu.

"Saya pikir untuk saat ini saya mungkin akan berhenti sementara dari bulutangkis," kata Lee Zii Jia dilansir dari situs BWF.

"Saya tidak tahu berapa lama saya akan rehat, tetapi saya akan rehat dari bulutangkis untuk sementara sampai saya mendapatkan motivasi lagi. Saya akan istirahat sejenak," ungkapnya.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pun bergerak cepat untuk membantu juara All England 2021 tersebut. Mereka menunjuk Wong Tat Meng untuk menjadi pelatih Lee Zii Jia, terlebih dalam periode kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Pria yang pernah menjadi pelatih di PBSI tersebut pun meyakini bahwa Lee Zii Jia hanya perlu belajar bagaimana mengatasi tekanan dan ekspektasi tinggi publik padanya.

"Saya sudah tujuh tahun di luar Malaysia (melatih). Bagi saya (melatih Lee Zii Jia) adalah salah satu peluang untuk saya untuk pulang dan membuktikan diri (di Malaysia)," ujar Wong Tat Meng.

"Dia (Lee Zii Jia) mengukir namanya di umur yang masih muda. Bisa juara All England 2021 adalah pencapaian besar.  Meskipun setelah itu, ada beberapa hal yang tidak sesuai ekpektasinya, tetapi ini adalah badminton."

Pendekatan Wong Tat Meng yang begitu personal membuat banyak orang optimistis Lee Zii Jia mampu bangkit. Salah satunya adalah legenda bulutangkis Malaysia, Rashid Sidek.