Kejuaraan Asia Junior 2023: China Dilibas, Kengerian Tim Indonesia Bikin Gempar Media Asing

Senin, 10 Juli 2023 15:34 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Performa tim bulutangkis Indonesia langsung disorot media asing usai melibas China 4-1 di Kejuaraan Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2023. Copyright: © PBSI
Performa tim bulutangkis Indonesia langsung disorot media asing usai melibas China 4-1 di Kejuaraan Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2023.

INDOSPORT.COM – Performa tim bulutangkis Indonesia langsung disorot media asing usai melibas China 4-1 di Kejuaraan Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2023.

Badminton Asia Junior Championships atau Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023 berlangsung di GOR Among Raga, Yogyakarta, dari 7 sampai 16 Juli.

Badminton Asia Junior Championships 2023 mempertandingkan nomor beregu campuran yang berlangsung pada 7-11 Juli, dan individu pada 12-16 Juli.

Saat kejuaraan di nomor beregu digelar lebih dahulu, performa para tim yang berpartisipasi bisa dibilang sangat bertabur kejutan.

Sejauh ini bahkan China sebagai unggulan pertama di kategori beregu, harus terdepak di perempat final usai kandas 1-3 dari Jepang pada Senin (10/7/23).

Kemudian Malaysia, India, dan Korea Selatan juga terdepak. Alhasil di semifinal, ada empat tim yang akan baku hantam yakni Thailand vs Indonesia dan Chinese Taipei vs Jepang.

Taburan kejutan di Badminton Asia Junior Championships 2023 ini pun tak pelak menjadi sorotan media asing, termasuk Aiyuke.

Media lokal China, Aiyuke, tersebut bahkan menyoroti kengerian tim bulutangkis Indonesia yang melumat negaranya dengan skor telak 1-4.

Satu-satunya kemenangan tim bulutangkis China dari Indonesia didapat dari tunggal putri mereka, Xu Wen Jing, yang melibas Mutiara Ayu Puspitasari di partai kedua.

Sementara Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin dilibas Adrian Pratama/Felisha Alberta, Hu Zhe An dilibas Alwi Farhan, Lioa Li Xi/Zhang Wen Xiao dilibas Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya, serta Ma Sang/Zhu Yi Jun tak perdaya di tangan Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin.

Kekalahan 1-4 dari Indonesia ini agaknya cukup membekas bagi China yang pada akhirnya juga tak berdaya di perempat final. Bahkan beredar isu soal pelatih China yang mencak-mencak di Kejuaraan Asia Junior 2023.