Persaingan Sengit Tunggal Putra di BWF World Tour 2023, Indonesia Terdepan Lampaui Axelsen

Senin, 10 Juli 2023 18:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Persaingan tunggal putra di BWF World Tour 2023 semakin sengit setelah Canada Open 2023. Indonesia memastikan gelar juara terbanyak melampaui Viktor Axelsen. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Persaingan tunggal putra di BWF World Tour 2023 semakin sengit setelah Canada Open 2023. Indonesia memastikan gelar juara terbanyak melampaui Viktor Axelsen. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Persaingan tunggal putra di BWF World Tour 2023 semakin sengit setelah Canada Open 2023. Indonesia memastikan gelar juara terbanyak melampaui sang raja bulutangkis dunia, Viktor Axelsen.

Canada Open 2023 baru saja berlangsung pekan lalu. Dari sektor tunggal putra, wakil India Lakshya Sen berhasil merebut gelar juara usai mengalahkan wakil China, Li Shifeng.

Bertanding di Calgary, Minggu (9/7/23), Lakshya Sen mampu tampil perkasa menghadapi jawara All England dan menang secara straight gim dengan skor 21-18, 22-20.

Ini menjadi gelar BWF World Tour kedua bagi Lakshya Sen yang sebelumnya berhasil memenangkan gelar India Open 2022.

Dengan Lakshya Sen menjuarai Canada Open 2023, maka kekuatan tunggal putra dunia selama BWF World Tour musim ini tidak didominasi oleh satu negara maupun satu pemain saja.

Peta persaingan tunggal putra musim ini sangat berbeda dengan yang terjadi musim lalu. Pada 2022, dominasi gelar dikuasai sang raja dunia, Viktor Axelsen.

Tunggal putra asal Denmark tersebut berhasil memenangkan enam gelar BWF World Tour dari total 19 turnamen level Super 300 hingga Super 1000.

Enam gelar juara yang diraih Axelsen itu sendiri dicapai hanya dengan mengikuti 10 turnamen, di mana sisanya dia sekali jadi runner-up, sekali perempat final, dan dua lainnya mundur.

Lain halnya dengan musim ini, Viktor Axelsen baru mampu memenangkan dua gelar juara yakni Malaysia Open dan Indonesia Open dari empat turnamen yang dia ikuti.

Menariknya, dua gelar yang dimenangkan Viktor Axelsen tersebut masih kalah dari gelar yang diraih Indonesia dengan torehan tiga gelar dari tiga pemain berbeda termasuk Anthony Sinisuka Ginting.