Masa Depan Tunggal Putra Indonesia Cerah, Bodhi dan Alwi Ungkap Kunci Lolos 16 Besar Kejuaraan Asia Junior

Jumat, 14 Juli 2023 11:15 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Tunggal Putra Indonesia, Bodhi Ratana Teja Gotama di Kejuaraan BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal Putra Indonesia, Bodhi Ratana Teja Gotama di Kejuaraan BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Bodhi Ratana Teja Gotama, sukses melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Asia Junior 2023.

Bertanding di GOR Amongraga, Yogyakarta, Kamis (13/07/23), Bodhi Ratana sukses menaklukkan wakil bulutangkis Thailand, Sarun Rukcharoen, di babak 32 besar dengan skor 21-18, 17-21, dan 21-15.

Pebulu tangkis berdarah Bekasi itu sejatinya tampil kurang tenang saat meladeni tunggal putra asal negeri gajah putih itu. Alhasil, ia mengaku sempat kehilangan momentum.

Beruntung, Bodhi Ratana bisa segera mengatasi kendala tersebut hingga akhirnya mampu memenangkan laga dalam tempo 43 menit.

“Pada laga hari ini saya tidak bermain lebih tenang. Saat terjadi poin-poin ketat, saya sempat kehilangan fokus sehingga serangan yang dilancarkan mudah dibaca,” ungkap Bodhi selepas laga, Kamis (13/07/23).

Lolosnya Bodhi ke babak 16 besar membuat pemain berumur 18 tahun tersebut mulai terbiasa dengan arena pertandingan. 

Usai semakin menyempurnakan adaptasi, langkah selanjutnya yang bakal dilakukan Bodhi Ratana ialah bertekad untuk tampil dengan konsisten.

“Saya sudah mulai terbiasa dengan karakter angin di sini. Saya mencoba untuk bermain lebih sabar untuk bisa memenangkan pertandingan,” kata Bodhi.

Sebelumnya, Bodhi Ratana juga berhasil menyingkirkan tunggal putra Hong Kong, Deng Chi Fai, di babak 64 besar dengan skor 21-14, 21-17.

Kemenangan beruntun yang dialami Bodhi Ratana ini secara tak langsung menandakan performa pebulu tangkis kelahiran 2005 itu kian menajam.

Alwi Farhan Lolos Babak 16 Besar

Langkah apik Bodhi juga diikuti oleh Alwi Farhan yang pada pertandingan babak 32 besar sukses mengalahkan tunggal putra India, Samarveer.

Pada laga tersebut, tunggal putra kelahiran Solo, 12 Mei 2005 itu mengaku sempat kesulitan beradaptasi dengan kondisi lapangan. 

Beruntung pada pertengahan babak, performa terbaiknya bisa kembali seusai Alwi bermain lebih percaya diri dan menjaga fokus.

“Saya sempat kesulitan beradaptasi karena kondisi lapangan yang banyak hembusan angin. Shuttlecock-nya jadi susah dikontrol. Jadi saya harus lebih sabar,” ungkap Alwi Farhan, Kamis (13/07/23).

Memasuki babak kedua Alwi bertekad untuk menjaga fokus mengingat jika lolos ke perempatfinal, dia akan bermain dua kali dalam satu hari.

“Sekarang saya mau recovery terlebih dahulu setelah ini. Besok jika saya lolos akan bermain dua kali. Untuk itu saya harus menjaga fokus dan mental agar tidak mengendur,” kata Alwi.

Dengan kemenangan ini, kapten tim beregu Indonesia tersebut akan berhadapan melawan wakil Thailand, Wongsup Wongsup-In di babak 16 besar Kejuaraan Asia Junior 2023.