Medali Emas Mutiara Ayu jadi Pelengkap Prestasi Indonesia di Kejuaraan Asia Junior

Minggu, 16 Juli 2023 18:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Tunggal putri Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari juara Badminton Asia Junior Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putri Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari juara Badminton Asia Junior Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Dengan perolehan medali emas Mutiara Ayu Puspitasari di Kejuaraan Asia Junior 2023, Indonesia kini telah melengkapi gelar dari semua sektor.

Ajang bulutangkis Kejuaraan Asia Junior 2023 akhirnya tuntas digelar di GOR Among Rogo Yogyarakta, Minggu (16/7/23). Merah Putih meraih satu gelar dari tunggal putri.

Di babak final, Mutiara Ayu Puspitasari menaklukkan Kim Min Ji asal Korea Selatan dalam pertarungan dua set, skor 21-11, 21-17.

Sementara tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan dan pasangan ganda putra, Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso tahun ini menyuguhkan medali perunggu. 

Capaian medali emas Mutiara Ayu akhirnya melengkapi kolekai gelar Indonesia di lima sektor Kejuaraan Asia Junior.

Sektor tunggal putra sudah lebih dahulu menyabet medali emas lewat sosok Taufik Hidayat di Kejuaraan Asia Junior 1997, lalu disusul Ardiansyah pada tahun 2001 silam.

Gelar tunggal putri Indonesia yang paling tinggi adalah rekor milik Gregoria Mariska Tunjung yang meraih medali perak pada edisi Kejuaraan Asia Junior 2016 lalu.

Kini, gelar tersebut berhasil di-upgrade oleh Mutiara Ayu Puspitasari jadi medali emas di 2023, ketika Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Sektor ganda putra Indonesia yang selalu menjadi tulang punggung, memang sudah beberapa kali mempersembahkan gelar juara dari ajang Kejuaraan Asia Junior.

Gelar pertama datang dari pasangan Angga Pratama/Yohanes Rendy Sugiarto di 2009. Sementara gelar kedua diraih Edy Subaktiar/Arya Maulana Aldiartama (2012).