Indonesia Keempat, 5 Negara Paling Sukses di Turnamen Bulutangkis Korea Open

Senin, 17 Juli 2023 14:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© PBSI
Indonesia termasuk dalam daftar lima negara peraih gelar juara terbanyak turnamen bulutangkis Korea Open. Menariknya, Indonesia pernah berbagi gelar dengan Amerika Serikat.  Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Indonesia termasuk dalam daftar lima negara peraih gelar juara terbanyak turnamen bulutangkis Korea Open. Menariknya, Indonesia pernah berbagi gelar dengan Amerika Serikat. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Indonesia termasuk dalam daftar lima negara peraih gelar juara terbanyak turnamen bulutangkis Korea Open. Menariknya, Indonesia pernah berbagi gelar dengan Amerika Serikat. 

Turnamen bulutangkis Super 500 bertajuk Korea Open 2023 akan dilangsungkan pekan ini, tepatnya di Yeosu, Korea Selatan, mulai 18 hingga 23 Juli 2023. 

Menilik dari sejarah turnamen ini, terdapat lima negara yang mengoleksi gelar juara terbanyak. Kelima negara tersebut yakni China, Korea Selatan, Denmark, Indonesia dan Jepang. 

Indonesia menempati urutan keempat untuk raihan trofi Korea Open yakni sejumlah 13,5 trofi sepanjang keikutsertaan sejak edisi pertama 1991 hingga edisi terakhir 2022. 

Dari total trofi tersebut, hanya di sektor ganda putra Indonesia pernah berbagi trofi dengan negara lain yakni lewat pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya pada.

Saat itu, Tony Gunawan yang berasal dari Indonesia sudah berpindah kewarganegaraan Amerika Serikat. Namun Tony Gunawan masih bermitra dengan Candra Wijaya. 

Duet Tony/Candra berhasil memenangkan gelar Korea Open edisi 2006. Saat itu mereka keluar sebagai juara usai mengalahkan pasangan tuan rumah, Hwang Ji-man/Lee Jae-jin. 

Dari sektor tunggal putra, Indonesia sudah mengoleksi 4 trofi kemenangan di Korea Open. Trofi terakhir berhasil dimenangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting pada 2017 silam. 

Ada pun sektor tunggal putri Indonesia baru mengoleksi satu trofi. Gelar semata wayang tersebut dimenangkan oleh Susy Susanti pada tahun 1995. 

Dari sektor ganda putri, Indonesia juga baru mengoleksi 1 trofi juara yakni lewat pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii. 

Dari ganda campuran, Indonesia sudah mengantongi dua gelar juara dengan gelar terakhir berhasil dimenangkan oleh pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto.