Ditemani Akane Yamaguchi, Fajar/Rian Cetak Rekor Menakjubkan di Korea Open

Kamis, 20 Juli 2023 13:02 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bersama ratu bulutangkis Jepang Akane Yamaguchi, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad RIan Ardianto memiliki fakta menakjubkan di Korea Open. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bersama ratu bulutangkis Jepang Akane Yamaguchi, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad RIan Ardianto memiliki fakta menakjubkan di Korea Open.

INDOSPORT.COM – Bersama ratu bulutangkis Jepang Akane Yamaguchi, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad RIan Ardianto memiliki fakta menakjubkan di Korea Open.

Korea Open adalah ajang bulutangkis tahunan yang digelar sejak tahun 1991. Ajang ini dikategorikan Super Series sejak tahun 2007, dan beralih ke BWF World Tour Super 500 sejak 2018.

Rupanya Indonesia memiliki sejarah tak cukup buruk sepanjang partisipasi atletnya di Korea Open sejak 1991 hingga 2022.

Indonesia tercatat menjadi negara tersukses keempat setelah China, Korea Selatan, dan Denmark, yang mengoleksi paling banyak gelar juara di Korea Open.

Terdapat total 13.5 gelar juara yang didapat Indonesia, masing-masing empat dari tunggal putra, satu tunggal putra, 5,5 ganda putra, satu ganda putri, dan dua ganda campuran.

Tahun ini, di gelaran Korea Open 2023 pada 18 hingga 23 Juli, atlet Indonesia termasuk  ganda putra ranking satu BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memiliki kans besar untuk menjadi juara.

Tak berlebihan rasanya mengatakan jika Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memiliki peluang besar untuk menggapai gelar juara di Korea Open 2023.

Apalagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mencatatkan fakta mengejutkan sepanjang sejarah keikutsertaanya di Korea Open.

BWF dalam laman resminya memaparkan statistik yang terjadi di Korea Open sepanjang 21 tahun terakhir. di mana salah satunya tentang Akane Yamaguchi dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Disebutkan jika Akane Yamaguchi dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah satu-satunya unggulan pertama di Korea Open 2023, yang pernah menjadi juara ajang ini.

Akane Yamaguchi yang saat ini menapaki ranking 1 BWF, pernah menjuarai Korea Open 2016. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjuarai Korea Open 2019.