Kisah Rina Marlina, dari ART, Sopir Ojek, hingga Raih Medali Emas

Sabtu, 22 Juli 2023 13:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Megapro
Kisah inspiratif Rina Marlina (kiri) yang sumbang medali emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022. Copyright: © Megapro
Kisah inspiratif Rina Marlina (kiri) yang sumbang medali emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022.

INDOSPORT.COM - Ada kisah inspiratif yang dapat dipetik dari perjalanan hidup dan karier atlet para bulutangkis Indonesia, Rina Marlina.

Sosok yang satu ini berhasil membawa nama Indonesia harum di kancah internasional usai membawa pulang medali emas di ASEAN Para Games 2022.

Untuk diingat kembali, ASEAN Para Games 2022 digelar di Solo, Jawa Tengah, menelurkan Indonesia sebagai juara umum di cabor para bulutangkis.

Tim Indonesia berhasil menggondol 13 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu, mengungguli Thailand yang bercokol di peringkat kedua.

Rina Marlina, meraih medali emas di kelas SH6 setelah mengalahkan wakil Thailand, Saeyang Chai, dengan skor 21-7 dan 21-6.

Ia juga bermain di ganda campuran SH6 bersama Subhan dengan mengalahkan Yemmali Bunthan dan Saeyang Chai (21-6), (21-10).

Bicara soal pencapaiannya ini, Rina Marlina pun tidak kuasa menahan air mata. Sebelumnya ia tidak pernah menyangka bisa mengharumkan nama bangsa di event internasional.

 “Jujur saya tidak menyangka sekarang bisa sampai seperti ini. Saya dulu hanya lulusan SD, pernah jadi Asisten Rumah Tangga (ART) supir ojek,” kenangnya.

“Bahkan karena kondisi tubuh saya yang kecil, dulu saya sering dikucilkan oleh tetangga. Sekarang saya bersyukur bisa berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia," tambahnya lagi.

Ya, Rina Marlina sudah melalui perjalanan panjang dan berliku untuk mencapai titik kesuksesannya saat ini.