In-depth

3 Perubahan di Ranking BWF Tunggal Putra, Bocil Kematian Thailand Melejit Ancam Anthony Ginting

Selasa, 25 Juli 2023 10:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Tunggal Putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, Usai Latihan di Istora Senayan, Jakarta, Senin (12/06/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Tunggal Putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, Usai Latihan di Istora Senayan, Jakarta, Senin (12/06/23).

INDOSPORT.COM - Banyak perubahan yang terjadi di ranking BWF sektor ganda putra usai turnamen bulutangkis Korea Open, salah satunya Kunlavut Vitidsarn terus melejit.

Turnamen bulutangkis kembali bergulir kali ini edisi Jepang, Japan Open mulai hari ini, Selasa (25/07/23) hingga Minggu (30/07/23) mendatang.

Sebelumnya para pebulutangkis dunia harus berjibaku memperebutkan gelar di Korea Open 2023. China menahbiskan dirinya sebagai juara umum usai dua wakilnya meraih gelar juara.

Mereka adalah pasangan Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping dari ganda campuran dan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari ganda putri.

Sedangkan tiga nomor lainnya dimenangkan oleh An Se Young di tunggal putri, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari ganda putra, dan Anders Antonsen dari tunggal putra.

Usai Korea Open 2023 itu sejumlah perubahan banyak terjadi terutama di klasemen ranking BWF sektor tunggal putra. Saat ini nama pebulutangkis asal Denmark, Viktor Axelsen masih menjadi rajanya.

Ia bertengger di peringkat pertama dengan raihan 10.1205. Diikuti oleh Anthony Ginting di peringkat kedua dengan raihan 87.211 poin. 

Diancam Bocil Kematian

Anthony Ginting harus ketar-ketir posisinya terancam oleh pemain muda nan mematikan asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn. 

Saat ini ia menempati peringkat ke-3 di ranking BWF dengan total 76.528 poin. Naik satu peringkat, meski ia tidak tampil di Korea Open 2023.

Terakhir kali Kunlavut Vitidsarn bermain di US Open 2023. Di situ ia mampu menembus partai final sayang dikalahkan oleh wakil, China, Li Shi Feng.

Kendati hanya jadi finalis, Kunlavut Vitidsarn tetap memperoleh banyak poin yakni 5.950 sehingga bisa mendongkrak posisinya di ranking BWF saat ini.