In-depth

3 Pebulutangkis Ganda Putra yang Bisa Hancurkan Dominasi Fajar/Rian di Ranking BWF

Senin, 24 Juli 2023 19:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Terdapat tiga ganda putra yang bisa menghancurkan dominasi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak ranking BWF. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Terdapat tiga ganda putra yang bisa menghancurkan dominasi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak ranking BWF. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Terdapat tiga ganda putra yang bisa menghancurkan dominasi Fajar Alfian/Rian Ardianto di puncak ranking BWF.

Ganda putra menjadi salah satu sektor bulutangkis yang memiliki persaingan yang sangat ketat, termasuk di posisi papan atas.

Hal ini bisa dibuktikan dengan perubahan yang selalu terjadi terutama pada posisi top 10 disetiap pekannya di ranking BWF.

Para pebulutangkis silih berganti menduduki posisi teratas, contohnya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon selaku pemain yang menduduki peringkat pertama terlama akhirnya lengser.

Kini, peringkat pertama ranking BWF ditempati oleh ganda putra Indonesia lainnya, yakni Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Namun posisi Fajar/Rian pun saat ini terancam lengser seiring ketatnya persaingan dan menanjaknya performa ganda putra dari negara lain.

Terdapat tiga pasangan ganda putra yang saat ini tengah gacor dan bisa saja melengserkan takhta Fajar/Rian di puncak ranking BWF.

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) merupakan nama yang sedang hangat diperbincangkan, lantaran baru saja mengalahkan Fajar/Rian di final Korea Open 2023.

Rankireddy/Shetty berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan Fajar/Rian dengan skor 17-21, 21-13 dan 21-14 di final ajang BWF Super 500 tersebut, Minggu (23/7/23).

Inilah gelar ketiga pasangan asal India tersebut, sebelumnya mereka sempat meraih gelar di ajang Swiss Open dan Indonesia Open 2023.

Hasil tersebut membuat posisi Rankireddy/Shetty naik satu strip ke peringkat kedua di ranking BWF, dan siap melengserkan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Berdasarkan prediksi ranking BWF pada pekan ke-30 per Selasa (25/7/23), Fajar/Rian akan mengantongi 91.629 poin, sedangkan Satwiksairaj/Chirag mengemas 87.211 poin atau selisih 4.418 angka saja.

Artinya, Fajar/Rian bisa posisinya semakin terancam dan bahkan lengser dari peringkat pertama, dengan catatan jika tak menjadi jawara di dua turnamen selanjutnya yakni Japan Open dan Australia Open 2023 nanti.