In-depth

Hitung-hitungan Fajar/Rian Terpental dari Peringkat 1 Ranking BWF di Japan Open 2023

Selasa, 25 Juli 2023 14:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa saja lengser dari peringkat pertama dalam ranking BWF pasca Japan Open 2023 nanti. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa saja lengser dari peringkat pertama dalam ranking BWF pasca Japan Open 2023 nanti. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COMFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa saja lengser dari peringkat pertama dalam ranking BWF usai Japan Open 2023 nanti, begini hitung-hitungannya!

Ya, saat ini memang posisi Fajar/Rian tengah terancam, menyusul ketatnya persaingan di papan atas nomor ganda putra.

Sejumlah pemain pun silih berganti menempati posisi top 10, terutama di posisi tiga besar di ranking BWF yang saat ini semakin panas persaingannya.

Pasalnya, ada tiga pasangan ganda putra yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan Liang Wei Keng/Wang Chang yang berebut posisi peringkat satu.

Tentu hal ini bukan tanpa sebab, karena ketiga pasangan ganda putra itu memiliki jarak poin yang cukup dekat satu sama lain di papan atas.

Hal tersebut pun membuat posisi Fajar/Rian yang menduduki peringkat pertama sejak 27 Desember 2022 semakin terancam.

Apalagi setelah pasangan yang akrab disapa FajRi itu hanya mampu meraih runner-up usai kalah dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dengan skor 17-21, 21-13 dan 14-21 di final Korea Open 2023.

Hasil ini membantu Rankireddy/Shetty naik satu peringkat ke posisi dua dan menempel ketat Fajar/Rian di posisi teratas.

Tercatat saat ini Fajar/Rian mengumpulkan 91.629 poin, sedangkan wakil India telah mengemas 87.211 poin, sehingga keduanya memiliki selisih 4.418 poin saja.

Maka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa saja lengser dari peringkat pertama di ranking BWF, dengan sejumlah catatan syarat yang dihitung berdasarkan poin yang diperoleh selama ajang Japan Open 2023.

Poin-poin yang diperoleh tentu dihitung dari babak pertama hingga final Japan Open 2023, yang berlangsung pada 25-30 Juli pekan ini.

Faktor ini bakal menjadi penentu apakah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal dikudeta oleh Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty setelah Japan Open 2023 nanti, berikut hitung-hitungannya: