In-depth

Skuat Indonesia Saat Juara Piala Thomas 2002, Begini Nasibnya Sekarang

Rabu, 26 Juli 2023 17:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Nicolas Asfouri/AFP via Getty Images
Kabar beberapa penggawa tim bulutangkis Indonesia ketika berhasil meraih juara di Piala Thomas 2002 seperti Candra Wijaya, Taufik Hidayat hingga Hendrawan. Copyright: © Nicolas Asfouri/AFP via Getty Images
Kabar beberapa penggawa tim bulutangkis Indonesia ketika berhasil meraih juara di Piala Thomas 2002 seperti Candra Wijaya, Taufik Hidayat hingga Hendrawan.

INDOSPORT.COM – Menilik kabar beberapa penggawa tim bulutangkis Indonesia ketika berhasil meraih juara di Piala Thomas 2002 seperti Candra Wijaya, Taufik Hidayat hingga Hendrawan.

Diketahui, tim beregu putra Indonesia terakhir kali meraih juara Piala Thomas terjadi pada edisi 2002 usai mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 2-3.

Kemenangan pada edisi 2002 kali ini menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia yang meraih gelar juara dalam lima edisi beruntun sejak 1994.

Kala itu, tim putra Indonesia sempat tertinggal 0-1 dari Malaysia. Namun, pasangan Candra Wijaya/Sigit Budiarto berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Poin selanjutnya berhasil disumbangkan oleh Halim Haryanto/Tri Kusharyanto setelah sebelumnya Indonesia tertinggal usai Taufik Hidayat menelan kekalahan.

Di partai terakhir, tunggal putra Hendrawan berhasil menjadi pahlawan kemenangan bagi Indonesia usai mengalahkan Roslin Hashim dan memastikan gelar juara Piala Thomas 2002.

Sementara itu, mari menilik kabar terkini beberapa penggawa tim putra Indonesia yang berhasil meraih gelar juara terakhir Piala Thomas yakni pada edisi 2002.

1. Candra Wijaya

Candra Wijaya menjadi sosok penting kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2002 di sektor ganda putra di mana kala itu ia berpasangan dengan Sigit Budiarto.

Mantan legenda bulutangkis Indonesia itu mengungkapkan kegiatannya saat ini adalah menjadi kepala pelatih di Badminton Centre miliknya.

“Saya sekarang menjadi Kepala Pelatih dan Director di Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya International Badminton Centre,” ucap Candra Wijaya dalam wawancara eksklusif INDOSPORT.

2. Hendrawan

Pahlawan kemenangan Piala Thomas 2002 yakni Hendrawan namanya juga tak asing lagi di jagat bulutangkis Indonesia. Ia pernah meraih medali perak di Olimpiade Sydeny 2000.

Saat ini, Hendrawan menjadi pelatih di sektor tunggal putra Malaysia. Dan baru-baru ini ia tengah bersuka cita merayakan kelulusan sang putri yang bersekolah di The One Academy.

Sebagaimana dalam unggahan di Instagram pribadinya, Hendrawan memamerkan senyum kebahagiaan di acara kelulusan sang putri bersama dengan istrinya.