In-depth

Cerita Gronya Somerville, Pebulutangkis Cantik Australia Keturunan Tokoh Reformis China

Rabu, 2 Agustus 2023 13:56 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Mark Kolbe/Getty Images
Fakta unik Gronya Somerville, pebulutangkis cantik Australia yang merupakan keturunan reformis politik Dinasti Qing terkemuka dari China, Kang Youwei. Copyright: © Mark Kolbe/Getty Images
Fakta unik Gronya Somerville, pebulutangkis cantik Australia yang merupakan keturunan reformis politik Dinasti Qing terkemuka dari China, Kang Youwei.

INDOSPORT.COM – Fakta unik Gronya Somerville, pebulutangkis cantik Australia yang merupakan keturunan reformis politik Dinasti Qing terkemuka dari China, Kang Youwei.

Banyak penggemar bulutangkis menyukai paras cantik seorang Gronya Somerville, atlet kebanggaan Australia yang juga memiliki prestasi menawan.

Gronya Somerville adalah sepuluh kali penyabet medali emas Kejuaraan Oseania, dua kali juara Canada Open, hingga juara Dutch Open.

Setidaknya Gronya Somerville pernah berada di jajaran top 18 ranking BWF ganda putri bersama Setyana Mapasa pada 2 Maret 2017 lalu da  nomor 51 ganda campuran dengan Simon Leung.

Setyana Mapasa kini memulai dari awal kariernya setelah Setyana Mapasa dan Simon Leung memilih berpisah dengannya dan mundur dari pelatnas bulutangkis Singapura per akhir 2021 lalu.

Dilansir dari laman BWF, untuk saat ini Kaityln Ea adalah pasangan Gronya Somerville di ganda putri, dan Kennteh Zhe Hooi Choo adalah partner barunya di ganda campuran.

Di balik cerita kecantikan hingga prestasinya di Australia, Gronya Somerville ternyata bukan orang sembarangan karena dia merupakan keturunan bangsawan China dari dinasti Qing.

Gronya Somerville yang lahir di Melbourne Australia pada 10 Mei 1995, disebut berasal dari ibu berdarah Inggris, sedangkan ayahnya dari China.

Melansir laman Women of China dari Sports QQ, Gronya Somerville merupakan generasi kelima dari Kang Youwei, seorang politisi tenar di masa Dinasti Qing.

Menurut sejarahnya, Kang Youwei adalah orang yang mencetuskan soal reformasi pola pemikiran perempuan China soal pernikahan.

Kang Youwei mencetuskan pemikiran bahwa pernikahan bukanlah karena paksaan, namun juga harus didasari rasa cinta. Berkat jasa Kang Youwei, masyarakat China kini lebih melek soal kesetaraan gender.

Saat berusia tiga tahun, Gronya Somerville mendapatkan cerita dari ibunya soal latar belakang keluarganya yang bergengsi di China tersebut.

Gronya Somerville juga sedikit tahu tentang sejarah China, sehingga jadi alasan mengapa dia juga menunjukkan keseriusan untuk belajar bahasa Mandarin.

Dari ibu dan ayahnya yang memiliki latar belakang luar biasa dari keturunan Kang Youwei, Gronya Somerville juga menjadi lebih melek soal budaya-budaya masyarakat China.

Bahkan ada fakta lain yang menyebut dan menghubungannya dengan legenda bulutangkis Lin Dan. Benarkah Gronya Somerville bersaudara dengan Lin Dan?