In-depth

3 Pasangan Dadakan yang Awet Jadi Penguasa Ranking BWF, Kevin/Rahmat Nyusul?

Jumat, 4 Agustus 2023 13:08 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengulas tiga pasangan dadakan yang justru awet jadi penguasa ranking BWF, dan bisakah couple baru Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat menyusul? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengulas tiga pasangan dadakan yang justru awet jadi penguasa ranking BWF, dan bisakah couple baru Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat menyusul?

INDOSPORT.COM – Mengulas tiga pasangan dadakan yang justru awet jadi penguasa ranking BWF, dan bisakah couple baru Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat menyusul?

Indonesia sebagai negara kuat bulutangkis kini sedang menanti debut pasangan baru ganda putra Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat.

Keduanya dipasangkan oleh jajaran pelatih ganda putra PBSI lantaran Marcus Gideon yang menjadi pasangan asli Kevin Sanjaya mengalami masalah di kakinya dan harus operasi di Portugal.

Meski pemasangannya terbilang dadakan, kombinasi Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat diharapkan bisa mengoyak papan atas ranking BWF sektor ganda putra.

Apalagi reputasi Kevin Sanjaya yang pernah nyaris lima tahun berada di ranking satu dunia, menjadi salah satu alasan mengapa duetnya dengan Rahmat Hidayat begitu dinanti.

Lagipula tahun lalu Rahmat Hidayat saat dipasangkan dadakan dengan Pramudya Kusumawardana juga mampu menyabet dua gelar dari dua turnamen yang mereka ikuti.

Alasan lain, selama beberapa waktu ke belakang, fenomena pasangan dadakan bulutangkis juga seringkali membuahkan hasil luar biasa.

Bahkan mereka-mereka awet jadi penguasa ranking BWF, sehingga memberikan gambaran dan keyakinan jika Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat juga berpeluang menyusul.

Berikut ini INDOSPORT.com akan memberikan gambaran mengenai tiga pasangan dadakan yang justru awet jadi penguasa ranking  BWF.

Mereka adalah Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China), Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan), dan  Feng Yanzhe/Huang Dongping (China).

1. Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Pasangan dadakan bulutangkis yang awet dan berkuasa hingga saat ini adalah wakil ganda campuran asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Menurut riwayatnya, Zheng Siwei pada akhir Oktober 2017 lalu tercatat masih dipasangkan dengan Cheng Qingchen, serta Huang Yaqiong masih bersama Lu Kai,

Namun  kedua pasangan ganda campuran itu tiba-tiba bercerai pada November 2022 di saat ranking BWF mereka sebenarnya sedang baik-baik saja. Lu Kai/Huang Yaqiong bahkan masih ada di ranking satu BWF saat itu.

Pada akhirnya, Zheng Siwei dipasangkan dengan Huang Yaqiong. Keputusan itu berbuah manis setelah Zheng Siwei/Huang Yaqiong menjelma jadi raksasa meski baru setahun bersama.

Kurang lebih ada 10 gelar juara pada 2017 dan 2018 yang diraih mereka. Dominasi itu tak terputus hingga sekarang Zheng Siwei/Huang Yaqiong awet di ranking satu BWF ganda campuran.