In-depth

Apa Saja Perbedaan BWF World Tour Finals dan World Championship

Minggu, 6 Agustus 2023 12:07 WIB
Editor: Juni Adi
© bwfbadminton
Logo kejuaraan dunia BWF 2019 Copyright: © bwfbadminton
Logo kejuaraan dunia BWF 2019

INDOSPORT.COM - Federasi bulutangkis dunia, BWF, punya dua turnamen yang kehadirannya selalu dinantikan oleh pecinta bulutangkis yakni BWF World Tour Finals dan World Championship. Berikut perbedaannya.

Salah satu turnamen bulutangkis paling bergengsi di dunia, BWF World Championship atau Kejuaraan Dunia 2023 akan segera dimulai di Copenhagen, Denmark, pada 21-27 Agustus 2023 mendatang.

Indonesia sendiri mengirimkan total 15 wakilnya dalam main dan qualifier yang diumumkan oleh BWF di laman resminya mereka, pada Jumat (04/08/23) kemarin.

Wakil-wakil Indonesia sendiri tersebar diberbagai nomor di antaranya tunggal putra, ganda putri, ganda campuran mengirim tiga wakil.

Di tunggal putri, Indonesia mengirim dua wakil, sementara di sektor ganda putra paling gemuk, yakni ada empat wakil unggulan yang memang jadi andalan untuk mendulang prestasi.

Pasangan nomor satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi unggulan teratas diikuti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, finalis Kejuaraan Dunia tahun lalu, yang menjadi unggulan kedelapan.

Sementara itu Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana secara berurutan menempati posisi ke-10 dan 13 dalam seeding list.

Dalam aturan yang diberlakukan BWF untuk ajang ini, setiap negara hanya bisa mengirimkan maksimal empat perwakilan dari tiap sektor, sesuai dengan ranking BWF-nya.

Hal itu terjadi karena World Championship berbeda dari turnamen unggulan BWF lain, BWF World Tour Finals.

Walaupun terdengar mirip dan sama-sama bergengsi, keduanya merupakan turnamen yang berbeda. Apa saja perbedaannya?