In-depth

Atlet Bulutangkis yang Gabung Angkatan Militer, Ada Bidadari PBSI Putri KW

Senin, 14 Agustus 2023 13:43 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah atlet bulutangkis ternyata berstatus angkatan militer, ada bidadari PBSI Putri Kusuma Wardani (Putri KW), Loh Kean Yew, hingga Dechapol Puavaranukroh. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah atlet bulutangkis ternyata berstatus angkatan militer, ada bidadari PBSI Putri Kusuma Wardani (Putri KW), Loh Kean Yew, hingga Dechapol Puavaranukroh.

INDOSPORT.COM – Sejumlah atlet bulutangkis ternyata berstatus angkatan militer, ada bidadari PBSI Putri Kusuma Wardani (Putri KW), Loh Kean Yew, hingga Dechapol Puavaranukroh.

Bulutangkis memang menjadi salah satu profesi menjanjikan, karena para atletnya akan dihadiahi uang tidak sedikit tiap kali mengikuti turnamen.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika bulutangkis bukan profesi yang bisa bertahan lama mengingat menjadi atlet  bulutangkis juga dihalangi usia.

Maka tak mengherankan jika usia menjadi salah satu alasan terbesar jika ada atlet bulutangkis memutuskan untuk pensiun atau gantung raket.

Untuk itulah, atlet bulutangkis perlu menekuni keahlian lain sebagai bekal persiapan mereka andai mereka memutuskan pensiun.

Beberapa di antaranya, banyak atlet bulutangkis yang memutuskan untuk masuk angkatan militer, dari Putri Kusuma Wardani, Dechapol Puavaranukroh, Loh Kean Yew, hingga Isabel Lohau.

1. Putri Kusuma Wardani (Putri KW)

Putri Kusuma Wardani menjadi deretan pebulutangkis pertama yang memutuskan bergabung dengan sekolah pendidikan kepolisian.

Hal itu sebagaimana dilansir dari ucapan selamat dari Ketua Pengprov PBSI Banten, Sudarto Adinagoro, untuk Putri KW yang saat itu sedang bersiap menjelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

“Selamat atas kelulusan Putri Kusuma Wardani dan hari ini menjalani pendidikan polwan polri. Selamat bertuga Put,” tulis Sudarto Adinagoro.

Meski mengikuti pendidikan Polisi Wanita, Putri Kusuma Wardani (Putri KW) tetap berkomitmen untuk kariernya di bulutangkis.

Apalagi harus diakui jika Putri KW adalah salah satu harapan baru tunggal putri Indonesia selain Gregoria Mariska Tunjung. Jadi dia dipastikan tidak akan melupakan kewajibannya sebagai atlet bulutangkis.

“Jadi selain sebagai atlet bulutangkis, Putri juga punya mimpi untuk menjadi abdi negara. Dalam hal ini dia bercita-cita untuk menjadi polisi wanita, “ ungkap Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy.

“Selama menjalani pendidikan Polisi Wanita, Putri juga akan tetap berlatih bulutangkis dengan ekstra keras,”  sambung Broto Happy.

“Dengan begitu, ketika suatu saat tenaganya dibutuhkna untuk membela tim bulutangkis Merah-Putih di kancah internasional, Putri sudah siap.”

“Kami berharap semoga hal ini membuat motivasinya semakin berlipat ganda untuk meraih prestasi di ajang-ajang internasional ke depan,” pungkasnya.