In-depth

Atlet Indonesia Tersukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Dipimpin Liliyana dan Dewa Hendra

Senin, 14 Agustus 2023 17:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Mengintip deretan atlet Indonesia tersukses di BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis, di mana Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir teratas. Copyright: © PBSI
Mengintip deretan atlet Indonesia tersukses di BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis, di mana Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir teratas.

INDOSPORT.COM – Mengintip deretan atlet Indonesia tersukses di BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis, di mana Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir teratas.

Ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang digelar sejak tahun 1977, kini telah menjadi agenda tahunan BWF, dan masuk kategori grade satu badminton.

Meski digelar tanpa hadiah uang untuk peserta, tetapi ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis tak pernah kehilangan daya magis.

Seorang atlet akan mendapatkan kebanggaan tersendiri ketika bisa meraih medali dan mengibarkan bendera negara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Apalagi selain bergelar juara dunia, seorang pemenang BWF World Championships juga mendapatkan tambahan 13000 poin, atau yang tertinggi di banding turnamen bulutangkis level lain.

Sebaliknya, seorang atlet mungkin akan merasa kurang lengkap gelarnya jika sepanjang kariernya belum mendapatkan kalungan medali Kejuaran Dunia Bulutangkis.

Maka tak mengherankan jika euforia menyambut Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sudah terasa dari saat ini. Padahal ajang itu baru akan digelar pada 21 sampai 27 Agustus di Copenhagen, Denmark.

Indonesia pun menjadi salah satu negara yang tak lupa untuk mengirimkan wakil-wakil terbaiknya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Sebagai negara besar bulutangkis, rasanya peluang Indonesia mendapatkan medali sebanyak-banyaknya di BWF World Championships 2023 ini sangat terbuka lebar.

Apalagi sepanjang sejarahnya, Indonesia memang menjadi negara tersukses kedua setelah China di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Beberapa nama pun tercatat menjadi atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, yakni Hendra Setiawan, Liliyana Natsir, Mohammad Ahsan, dan Christian Hadinata.

1. Hendra Setiawan

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, agaknya menjadikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis sebagai salah satu ajang tersukses dalam kariernya.

Pebulu tangkis yang kini masih berkompetisi di usia 38 tahun ini tercatat sudah empat kali menjuarai ajang Kejuaraan Dunia. Tiga di antaranya bersama Mohammad Ahsan pada edisi 2013, 2015, dan 2019.

Sementara Hendra Setiawan pernah meraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada edisi 2007 dengan Markis Kido.

Tampil lagi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 dengan Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan berpeluang untuk mencetak sejarah meraih emas kelimanya di ajang prestisus badminton itu.