In-depth

Pebulutangkis ASEAN Curi Perhatian Media Asing, dari Gregoria hingga Kunlavut

Selasa, 22 Agustus 2023 15:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Delapan atlet bulutangkis ASEAN sukses mencuri perhatian media asing, dari Gregoria Mariska Tunjung, Jonatan Christie, hingga Kunlavut Vitidsarn. Copyright: © PBSI
Delapan atlet bulutangkis ASEAN sukses mencuri perhatian media asing, dari Gregoria Mariska Tunjung, Jonatan Christie, hingga Kunlavut Vitidsarn.

INDOSPORT.COM – Delapan atlet bulutangkis ASEAN sukses mencuri perhatian media asing, dari Gregoria Mariska, Jonatan Christie, hingga Kunlavut Vitidsarn.

Diketahui, ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara.

Negara-negara tersebut yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Beberapa negara di ASEAN memiliki ketertarikan di cabang olahraga (cabor) bulutangkis atau badminton. Bahkan banyak atlet bulutangkis ASEAN yang mampu berbicara banyak di dunia.

Teranyar setidaknya ada delapan atlet bulutangkis kawasan ASEAN yang mampu mencuri perhatian media asing, Singapore News, karena prestasi dan pesonanya di lapangan.

Mereka adalah Pearly Tan, Loh Kean Yew, Kunlavut Vitidsarn, Yeo Jia Min, Gregoria Mariska, Jonatan Christie, Pornpawee Chochuwong, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

1. Pearly Tan (Malaysia)

Pearly Tan menjadi atlet bulutangkis pertama dari ASEAN yang mampu mencuri perhatian media asing, Singapore News.

Atlet cantik asal Malaysia kelahiran 14 Maret 2000 itu saat ini menjadi ganda putri andalan negaranya bersama sang patner, Thinaah Muralitharan.

Sinarnya di tahun 2023 juga semakin terpancar dengan keberhasilannya menjadi runner-up Malaysia Masters. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan tahun lalu juga sukses menjuarai French Open 2022.

Pearly Tan belum lama ini kembali menakjubkan publik dengan keberhasilannya mencatat rekor sebagai pebulutangkis putri dengan smash tercepat baru dalam Guiness Book Records, yakni 438 km/jam.

2. Jonatan Christie (Indonesia)

Lahir pada 15 September 1997, Leonardus Jonatan Christie adalah jagoan tunggal putra bulutangkis asal Indonesia. Dia telah memenangkan medali emas SEA Games (2017) hingga Asian Games (2018).

Jonatan Christie juga menjadi bagian dari keberhasilan tim bulutangkis putra Indonesia memenangkan Piala Thomas 2020.

Pada intinya, pesona Jonatan Christie menjadi salah satu yang paling tersorot di kawasan ASEAN dan dunia mengingat sederet prestasi mewahnya.

Bukan tidak mungkin, Jonatan Christie akan semakin bersinar di tahun depan jika dia mampu meraih medali Olimpiade 2024 di Paris yang belum pernah dirasakannya.

Meskipun harus diakui jika misi itu tentu bukan sesuatu yang sederhana dan butuh perjuangan keras untuk bisa mewujudkannya. Mari menanti sejauh mana perjalanan karier Jonatan Christie.