Tembus Perempat Final, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying Sah Jadi '2 Alien' Kejuaraan Dunia

Jumat, 25 Agustus 2023 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Sukses menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying kini dinobatkan sebagai '2 alien' oleh BWF. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Sukses menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying kini dinobatkan sebagai '2 alien' oleh BWF. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Sukses menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying kini dinobatkan sebagai '2 alien' oleh BWF.

Laman Twitter BWF mengunggah fakta bahwa Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying lolos ke perempat final untuk delapan kali secara berturut-turut di Kejuaraan Dunia. Catatan ini merupakan rekor bagi pemain aktif. 

Tai Tzu Ying sebagai pemain andalan Chinese Taipei, memang memiliki kans lebih besar untuk mengukir banyak rekor karena ia adalah pemain tunggal.

Beda halnya dengan Hendra Setiawan yang notabene adalah pemain spesialis ganda. Tidak banyak pemain ganda yang bisa konsisten dengan satu pasangan.

Faktanya, Hendra Setiawan berhasil mencicipi tujuh kali perempat final (revisi data BWF) bersama partner setianya, Mohammad Ahsan.

Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tak sekadar bermain di perempat final, tetapi mereka langsung meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013.

Pada edisi tahun 2014, mereka tersandung di babak kedua, saat kalah dari pasangan Thailand. Data BWF mestinya diperbaiki karena Daddies tidak lolos ke perempat final delapan kali beruntun.

Tetapi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 di Jakarta, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali ke jalur juara dan menyabet medali emas.

Pada edisi tahun 2017, The Daddies sempat berpisah dan Ahsan menggandeng Rian Agung Saputro. Mereka sukses melaju ke final, tetapi hanya sebagai runner-up.