Bukan Gregoria, Atlet Indonesia ini Ternyata Pernah jadi ‘Pawang' Bocah Ajaib An Se-young

Sabtu, 2 September 2023 16:24 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sangat sulit dikalahkan di musim ini hingga dijuluki ‘the real baby alien,’ An Se-young rupanya punya riwayat buruk dengan atlet Indonesia, Ruselli Hartawan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sangat sulit dikalahkan di musim ini hingga dijuluki ‘the real baby alien,’ An Se-young rupanya punya riwayat buruk dengan atlet Indonesia, Ruselli Hartawan.

INDOSPORT.COM – Sangat sulit dikalahkan di musim ini hingga dijuluki ‘the real baby alien,’ An Se-young rupanya punya riwayat buruk dengan atlet Indonesia, Ruselli Hartawan.

An Se-young, tak ada habisnya membicarakan sempurnanya ratu bulutangkis asal Korea Selatan ini. Sejak usia muda, An Se-young memang sudah sukses membuat decak kagum karena skillnya.

Bayangkan saja di usia 17 tahun, An Se-young sudah mampu mengobrak-abrik persaingan papan atas level senior yang saat itu dikuasai nama-nama seperti Nozomi Okuhara hingga Carolina Marin.

Jika ditotal, di usia 17 tahun An Se-young sudah mampu menapaki enam final BWF World Tour dengan lima gelar juara. Hal yang sulit ditandingi tunggal putri sepantarannya kala itu.

Pencapaian An Se-young sempat diuji di tahun-tahun berikutnya. Tak merosot sama sekali, kalaupun iya, itu karena terbentur pandemi Covid-19.

Bahkan kekuatannya menjadi dua kali lipat begitu berganti musim 2023. Ratu bulutangkis Korea Selatan itu menjadi sulit dikalahkan siapapun.

Sejauh 12 turnamen yang diikutinya di musim 2023 yang belum berganti ini, An Se-young sudah 11 kali melesat ke final dengan delapan gelar juara.

Gelar terakhir yang baru diraih oleh An Se-young adalah Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, sekaligus mengantarkan posisinya kokoh di puncak ranking BWF tunggal putri.

Hanya saja di balik istimewanya An Se-young, tahukah jika dia memiliki riwayat buruk saat berhadapan dengan eks tunggal putri pelatnas PBSI yakni Ruselli Hartawan.

Bisa dikatakan, Ruselli Hartawan adalah satu-satunya tunggal putri Indonesia yang menjadi ‘pawang’ An Se-young di level senior.