Gagah Juara Indonesia IC 2023, Sudah Waktunya Alwi Farhan Naik Kelas S100

Minggu, 3 September 2023 17:15 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT.COM
Juara Indonesia IIC 2023 sektor tunggal putra, Alwi Farhan. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT.COM
Juara Indonesia IIC 2023 sektor tunggal putra, Alwi Farhan. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra muda Indonesia, Alwi Farhan, berhasil tampil gemilang dan menjuarai Indonesia International Challenge (IIC) 2023 Medan. Dia langsung fokus menatap turnamen terdekat, Indonesia Masters I 2023 S100.

Alwi yang menjadi unggulan ke-7 (ranking 103 BWF) di IIC 2023 ini sukses menjadi juara usai mengalahkan unggulan ke-6 asal Sri Lanka, Viren Nettasinghe (98 BWF), di partai puncak.

Bermain di court 1 GOR PBSI Sumut, Minggu (3/9/23), Alwi menang mudah dua gim langsung, 21-15, 21-10, dalam tempo 32 menit. Dia unggul head to head menjadi 2-0 atas sang lawan.

"Syukur alhamdulillah, di laga ini mungkin saya lebih memegang kendali permainan dari awal dan mungkin lawan tertekan dengan kondisi dipenuhi suporter Indonesia membuat lawan sepertinya ragu-ragu untuk memukul," ujar Alwi Farhan usai laga.

"Jadi saya lebih bermain berani saja. Terima kasih banyak untuk warga Medan dan sekitarnya yang sudah memenuhi GOR PBSI Sumut membuat lawan saya tadi sedikit tertekan dan saya menjadi juara di sini," sambungnya.

Lanjut Alwi, ia mengaku tak merasa tertekan usai menjadi kampiun di sini. Terlebih di turnamen International Challenge terakhir yang ia ikuti di Osaka, Jepang pada awal April 2023 lalu hanya mampu menjadi runner-up.

"Tidak ada tekanan sih cuma pingin dijadikan motivasi aja. Jadi main berani aja tadi kayak seperti semifinal semalam. Ya terus menekan aja, seperti itu saja," ungkapnya.

"Kalau evaluasi nggak ada sih, paling ke fokus aja, agar lebih fokus, fokus, dan fokus lagi," sambung pebulutangkis muda berusia 18 tahun itu.

Menatap Indonesia Masters S100 yang akan mulai bergulir pada Selasa (5/9/23) esok, Alwi lebih memilih fokus menatap setiap pertandingan. Karena di ajang itu Alwi turun sebagai non unggulan.

"Intinya mau fokus satu per satu dulu, walaupun saya bukan unggulan tapi sebelum bermain minggu depan (Indonesia Masters). Pastinya saya berusaha untuk lebih percaya diri, walaupun ranking lawan nanti bisa saja jauh di atas saya," pungkas Alwi.