12 Emas Penentu Tuan Rumah Juara Umum Indonesia Para Badminton International 2023

Senin, 11 September 2023 00:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Media PB Djarum
Atlet difabel Leani Ratri Oktila menjuarai FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023. Copyright: © Media PB Djarum
Atlet difabel Leani Ratri Oktila menjuarai FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023.

INDOSPORT.COM - Hajatan akbar Indonesia Para Badminton International 2023 akhirnya rampung. Tuan rumah memborong 12 emas dari 17 kategori yang dipertandingkan dalam laga final di GOR Sritex Arena, Solo, Minggu (10/9/23).

Salah satu medali emas disumbangkan nomor Ganda Campuran SL 3 – SU 5 yang pada partai pamungkas tercipta all Indonesian final antara Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila melawan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah. Skor akhir ‘Perang saudara’ adalah 21-10, 21-11.

Tak hanya di ganda campuran, Ratri juga menyumbangkan medali emas dari nomor Tunggal Putri SL 4 usai melibas wakil India, Vaishnavi Puneyani. 

Meski menang dua gim langsung, Ratri sempat tertinggal di awal gim pertama yang membuat Vaishnavi unggul saat interval. Dia perlahan tapi pasti menunjukkan performa terbaiknya dan mengunci keunggulan 22-20. 

Di gim kedua, serangan Ratri tak terbendung dan membuatnya menyegel gelar juara dengan skor 21-14. Total tiga medali emas dia sumbangkan, ditambah nomor ganda putri SL 3 – SU 5 bersama Khalimatus Sadiyah.

"Saya belum pernah bertemu Vaishnavi Puneyani dan cukup terkejut karena dia bermain bagus sehingga begitu menyulitkan terutama di gim pertama," kata Leani Ratri Oktila.

"Medali yang saya menangi di Indonesia Para Badminton International 2023 saya persembahkan untuk anak, keluarga, dan seluruh masyarakat Indonesia," cetusnya.

Keberhasilan menjuarai FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 juga diraih Supriadi. Total dia menyumbangkan dua medali emas untuk tim Merah Putih. 

Emas pertamanya didapat dari nomor Tunggal Putra WH 2 setelah berhasil mengubur asa atlet asal India, Manjunatha Chikkaiah, dengan kemenangan 21-4, 21-10. 

"Di pertandingan final saya bisa langsung menampilkan permainan terbaik sehingga unggul cepat di gim pertama. Gim kedua lawan sempat memberikan perlawanan, tapi saya bisa lebih konsisten dan percaya diri. Inilah medali emas pertama saya di nomor Tunggal Putra WH 2," kata Supriadi.

Tak hanya itu, Supriadi juga menyumbang emas dari Ganda WH 1 - WH 2 kala berpasangan dengan Agung Widodo. Keduanya tampil superior melawan ganda Malaysia, Chew Jit Thye/Chung Hong Tsin dengan skor 21-10, 21-11.