Hitung-hitungan Ranking BWF Fajar/Rian Agar Tidak Lengser di Hong Kong Open

Minggu, 10 September 2023 12:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Hong Kong Open 2023 akan menjadi ajang pertarungan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam mempertahankan status no. 1 Ranking BWF. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Hong Kong Open 2023 akan menjadi ajang pertarungan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam mempertahankan status no. 1 Ranking BWF. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hong Kong Open 2023 akan menjadi ajang pertarungan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam mempertahankan status nomor 1 Ranking BWF. Bagaimana hitung-hitungannya?

Ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, terhenti di babak 32 China Open 2023 dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Hasil ini memperpanjang rekor buruk Fajar/Rian setelah Kejuaraan Dunia 2023, di mana kala itu mereka juga terhenti di babak 32 besar.

Meski demikian, posisi mereka tetap aman peringkat satu karena ganda peringkat dua, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty juga terhenti di babak 32 besar.

Namun, hal ini tak lantas membuat  Fajar/Rian terus menerus mengandalkan Dewi Fortuna karena rival lainnya, Liang Wei Keng/Wang Chang berpotensi mengudeta no. 1 ranking BWF.

Hal ini bisa terjadi jika ganda putra China tersebut berhasil menjadi juara di ajang China Open 2023, yang membuat  mereka terpaut kurang dari 1,000 poin dengan Fajar/Rian.

Liang Wei Keng/Wang Chang sendiri tengah bersiap memperebutkan gelar juara China Open 2023 saat menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia pada partai final, Minggu (10/09/23).

Menurut cuitan Badminton Talk, Fajar/Rian setelah turnamen China Open hanya akan mengantongi 90,129 point usai hanya tampil di babak pembuka turnamen.

Sementara Liang/Wang diprediksi akan mendapatkan akumulasi poin 89,991 jika juara China Open atau sekitar 88,191 jika gagal mengalahkan Aaron/Soh.

Melihat perhitungan tersebut, Liang/Wang diprediksi akan menggeser posisi Rankireddy/Shetty sebagai ranking 2 BWF dan berpotensi menggusur Fajar/Rian jika tampil apik di Hong Kong Open.