In-depth

Memori Kelam Hong Kong Open Bagi Anthony Ginting: Tetap Berbesar Hati Meski Dicurangi Wasit

Senin, 11 September 2023 13:32 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Anthony Sinisuka Ginting pernah menunjukkan kebesaran hatinya saat mengalami masa kelam di Hong Kong Open. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Anthony Sinisuka Ginting pernah menunjukkan kebesaran hatinya saat mengalami masa kelam di Hong Kong Open. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COMAnthony Sinisuka Ginting pernah menunjukkan kebesaran hatinya saat mengalami masa kelam di Hong Kong Open.

Pada pekan ini para pebulutangkis akan kembali unjuk gigi di Hong Kong Open 2023 bakal bergulir pada Selasa (12/09/23) hingga Minggu (17/09/23).

Indonesia tentu akan mengirimkan sejumlah wakil terbaik dan andalannya di turnamen yang merupakan BWF Super 500.

Para wakil Skuat Garuda tentu berlomba-lomba ingin meraih gelar juara di ajang bulutangkis bergengsi ini untuk mengumpulkan poin demi bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Salah satunya ialah Anthony Sinisuka Ginting yang ingin kembali menembus babak pamungkas di Hong Kong Open 2023.

Anthony Ginting menjadi pebulutangkis unggulan kedua di nomor tunggal putra, dan difavoritkan menjadi peraih gelar juara.

Namun siapa sangka Anthony Sinisuka Ginting pernah nyaris menang, namun gagal karena ‘dicurangi’ oleh wasit.

Bahkan momen tersebut membuat tunggal putra andalan Indonesia itu sampai merasa marah dan kesal dengan keputusan wasit.

Momen ini bermula dari pertandingan sengit antara Anthony Ginting vs Lee Cheuk Yiu selaku wakil tuan rumah di babak pamungkas Hong Kong Open 2019.

Pertandingan pun berjalan sengit dalam rubber gim, di mana pada gim ketiga Anthony Ginting tertinggal 20-21 dari Lee Cheuk Yiu.

Saat berusaha tenang dan mencoba mencetak poin, sayangnya ia dianggap melakukan kesalahan yakni umpire menyatakan satu sambaran Anthony di depan net dinyatakan fault oleh wasit karena ujung raketnya dinilai melewati net.

Alhasil gelar juara pun diberikan untuk Lee Cheuk Yiu yang menang dengan skor 21-16, 10-21, dan 20-22, sedangkan Anthony Ginting langsung melayangkan protes dan kekesalannya. Akan tetapi ia tidak bisa berbuat banyak karena keputusan umpire sudah bulat.

Meski telah ‘dicurangi’ oleh wasit, namun Anthony Sinisuka Ginting terlihat kesal namun tetap menunjukkan kebesaran hatinya meski sudah tersakiti usai kalah dari Lee Cheuk Yiu di final Hong Kong Open 2019.