Update Ranking BWF World Tour Finals: Fajar/Rian Gugur dari No 1, Ginting Dibungkam Axelsen

Senin, 11 September 2023 07:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Update ranking BWF World Tour Finals paska turnamen China Open 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hingga Anthony Sinisuka Ginting lengser.

Sekadar informasi, World Tour Finals adalah puncak rangkaian World Tour yang digelar di akhir tahun, dan hanya diikuti oleh 8 pemain dengan poin terbanyak dalam satu tahun.

Tahun ini World Tour Final 2023 akan dihelat di China, dan menyediakan total hadiah super fantastis, yakni 2 juta USD atau sekitar Rp30,4 miliar untuk para peserta.

Setelah turnamen China Open 2023 rampung pada Minggu (10/09/23), ada sedikit fluktuasi dalam ranking BWF World Tour Finals. Siapa saja wakil Indonesia yang masih bertahan?

Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting yang gugur di babak pertama China Open 2023, harus turun ke posisi 10 ranking BWF World Tour Finals. Padahal hanya ada 8 slot pemain yang bisa berlaga di ajang ini.

Posisi Ginting disalip oleh Viktor Axelsen yang baru saja naik podium juara China Open 2023.

Dari sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung sejatinya ada di posisi 9, tetapi karena China terlalu banyak pemain di top level, maka hanya ada 2 pemain terbaik yang dipilih, dan sisa slot diberikan untuk Gregoria.

Sektor ganda putra masih aman, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto di posisi 4, disusul Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di peringkat 6. Bagas/Fikri di peringkat 7, tetapi hanya 2 wakil terbaik saja yang bisa bermain.

Sektor ganda putri masih sulit karena Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mentok di peringkat ke-12. Namun masih ada harapan jika mereka bisa menambah lebih banyak poin.

Sektor ganda campuran juga masih sulit karena Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati turun ke peringkat 14, dan Dejan/Gloria juga tertahan di peringkat 15 klasemen World Tour Finals.