In-depth

Kiprah Bulutangkis Indonesia di Hong Kong Open, Supremasi Ganda Putra Berlanjut?

Selasa, 12 September 2023 11:29 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Menilik kiprah pebulutangkis Indonesia di ajang Hong Kong Open, di mana ganda putra bisa teruskan dominasi. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Menilik kiprah pebulutangkis Indonesia di ajang Hong Kong Open, di mana ganda putra bisa teruskan dominasi. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Menilik kiprah pebulutangkis Indonesia sepanjang sejarah Hong Kong Open, di mana ganda putra bisa meneruskan dominasi.

Kini sedang berlangsung ajang Hong Kong Open 2023, yang digelar pada Selasa (12/9/23) hingga Minggu (17/9/23) pekan ini.

Indonesia sendiri mengirimkan 17 wakil andalan serta terbaiknya di lima sektor berbeda ajang BWF kategori Super 500 tersebut.

Jika ditilik dari kiprahnya, Indonesia memiliki sejarah panjang di ajang Hong Kong Open yang sudah berlangsung sejak tahun 1982.

Tidak hanya itu, bahkan Indonesia berhasil menjadi salah satu dari lima negara tersukses yang meraih gelar juara di ajang bergengsi ini.

Indonesia berada di posisi ketiga di belakang China (66 gelar) yang menjadi negara tersukses, kemudian ada Korea Selatan (31) di posisi kedua.

Indonesia ada di posisi ketiga dengan total meraih 21 gelar juara sejak rutin mengikuti turnamen yang digelar sejak 41 tahun lalu.

Indonesia sendiri sudah meraih lima gelar juara, yakni direngkuh Icuk Sugiartio (1988), Hermawan Susanto (1993), Hariyanto Arbi (1994, 1995) dan Budi Santoso (1998).

Sedangkan di nomor tunggal putri, Indonesia belum pernah sekali pun mencicipi gelar juara sejak turnamen ini pertama kali digelar.

Meski demikian, Indonesia sangat dominan di nomor ganda putra, yang juga menjadi gelar terbanyaknya di Hong Kong Open.