Jalan MD Indonesia Makin Lebar Usai Jagoan Malaysia WO dari Hong Kong Open

Rabu, 13 September 2023 16:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PEDRO PARDO/AFP via Getty Images
Ganda putra unggulan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, memutuskan mundur dari Hong Kong Open 2023, sekaligus membuka jalan ganda putra Indonesia menuju gelar. Copyright: © PEDRO PARDO/AFP via Getty Images
Ganda putra unggulan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, memutuskan mundur dari Hong Kong Open 2023, sekaligus membuka jalan ganda putra Indonesia menuju gelar.

INDOSPORT.COM - Ganda putra unggulan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, memutuskan mundur dari Hong Kong Open 2023. Ini membuka jalan bagi ganda putra Indonesia mencuri gelar di turnamen ini.

Menurut data BWF Tournament Software, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dinyatakan walkover alias mundur dari turnamen, meski dijadwalkan akan bermain hari ini, Rabuu (13/09/23).

Mundurnya Aaron Chia/Soh Wooi Yik membuat calon lawan sekaligus rekan senegaranya, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani berhak lolos ke babak 16 besar Hong Kong Open 2023.

Melansir dari The Star, ganda putra peringkat 5 dunia tersebut dalam kondisi yang kurang fit untuk memulai pertandingan mereka melawan Sze Fei/Nur Izzudin.

Hal ini dikarenakan Soh Wooi Yik sempat terserang demam saat bertanding di partai final China Open 2023 yang berlangsung hari Minggu kemarin.

Aaron/Wooi Yik yang gagal merengkuh gelar juara di China Open 2023 selanjutnya akan kembali ke Malaysia untuk mempersiapkan diri menjelang Asian Games 2023 di Hangzhou (23 September-8 Oktober).

Sementara itu, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani yang lolos otomatis ke babak 16 besar Hong Kong Open dijadwalkan akan menghadapi pasangan Chinese Taipei, Lee Jhe-huei/Yang Po-hsuan.

Jika berhasil melalui babak kedua dengan kemenangan, pasangan Malaysia yang baru rujuk itu berpotensi melawan unggulan ke delapan Lee Yang/Wang Chi-lin (Taipei) atau Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol.

Lebih dari itu, mundurnya Aaron Chia/Soh Wooi Yik sebagai unggulan kedua dari Hong Kong Open 2023 tersebut membuka lebar pintu untuk ganda putra Indonesia melaju jauh di turnamen ini.

Indonesia diketahui berhasil meloloskan semua lima pasangan ganda putranya ke babak 16 besar Hong Kong Open setelah melalui laga masing-masing di babak pertama dengan kemenangan.