Ketika Ahsan/Hendra Lebih Tua dari Juara Dunia Senior, Makin Ambisius ke Eropa

Minggu, 17 September 2023 10:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ternyata lebih tua dari Juara Dunia Senior 2023, Alvent Yulianto/Fran Kurniawan.(Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ternyata lebih tua dari Juara Dunia Senior 2023, Alvent Yulianto/Fran Kurniawan.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ternyata lebih tua dari Juara Dunia Senior 2023, Alvent Yulianto/Fran Kurniawan.

Sebagaimana diketahui, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan baru saja berjuang di babak semifinal Hong Kong Open 2023. Mereka jadi pemain paling senior di ajang level Super 500 ini.

Mohammad Ahsan saat ini berusia 36 tahun, sedangkan Hendra Setiawan sudah berusia 39 tahun.

Padahal, pemain di generasi mereka saat ini sudah berpindah turnamen ke level senior, bukan lagi BWF World Tour.

Bahkan, pasangan ganda putra senior Indonesia, Alvent Yulianto Chandra/Fran Kurniawan baru saja menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia Senior 2023 di Jeonju, Korea Selatan.

Padahal, usia Fran Kurniawan lebih muda dari Hendra Setiawan. Fran baru berusia 38 tahun, dan syarat untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Senior adalah berusia di atas 35 tahun.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan adalah anomali yang memilih untuk tetap bermain di BWF World Tour, di usianya yang semestinya sudah bermain di kejuaraan level senior.

Faktanya, Ahsan/Hendra masih bisa bersaing di level tertinggi. Pemilik ranking 10 BWF itu baru saja berlaga di semifinal Hong Kong Open 2023, meski akhirnya gagal ke final.

Ahsan/Hendra kandas di tangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen asal Denmark, yang memang sedang naik daun usai menjadi runner-up Kejuaraan Dunia 2023.

Berhubung Ahsan/Hendra tak dibawa serta ke Asian Games 2022, maka turnamen terdekat mereka adalah Denmark Open dan French Open 2023 di bulan Oktober mendatang.