In-depth

4 Pebulutangkis Indonesia Tersukses di Asian Games, Dewa Hendra Setiawan Gacor

Rabu, 20 September 2023 10:37 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Terdapat tiga pebulutangkis Indonesia tersukses di ajang Asian Games, dan semuanya merupakan para legenda salah satunya Hendra Setiawan (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Terdapat tiga pebulutangkis Indonesia tersukses di ajang Asian Games, dan semuanya merupakan para legenda salah satunya Hendra Setiawan (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Terdapat tiga pebulutangkis Indonesia tersukses di ajang Asian Games, dan semuanya merupakan para legenda.

Indonesia menjadi salah satu negara terkuat di cabang olahraga Asian Games, yang sebentar lagi bergulir pada 23 September sampai 8 Oktober mendatang.

Sebagai negara tradisional bulutangkis, Indonesia memiliki sejarah yang panjang di cabang olahraga tepok bulu di ajang empat tahunan ini.

Salah satu contohnya ialah banyaknya atlet Indonesia yang menjadi juara dan meraih medali emas di nomor individu Asian Games.

Namun tahukah Anda, ada beberapa pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih medali emas lebih dari satu kali.

Bahkan di antaranya meraih gelar tersebut dengan pasangan yang berbeda, membuat Indonesia semakin disegani para rivalnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut deretan pebulutangkis Indonesia tersukses di Asian Games:

1. Christian Hadinata

Christian Hadinata kembali mencatatkan namanya sebagai pebulutangkis dengan kemenangan terbanyak di ajang bulutangkis, salah satunya Asian Games.

Christian Hadinata sendiri merupakan legenda Indonesia, yang merasakan masa kejayaannya pada tahun 1970-1980an.

Ia dikenal sebagai pemain spesialis ganda, yang turun di nomor ganda putra dan ganda campuran.

Christian tercatat sudah merasakan empat medali emas dengan empat pasangan berbeda di ajang Asian Games yang diikutinya.

Pasangan ganda putra Christian Hadinata/Ade Chandra menjadi juara pada 1978. Kemudian ia kembali menjadi juara bersama Icuk Sugiarto pada 1982.

Lalu sempat meraih medali emas di nomor ganda campuran bersama Regina Masli pada 1974, dan satu gelar lainnya bersama Ivana Lie pada 1982.

Artinya, Christian Hadinata sempat meraih dua gelar sekaligus yakni bersama Icuk Sugiarto di ganda putra dan Ivana Lie di ganda campuran pada Asian Games 1982.