Permintaan Maaf PBSI Usai Bulutangkis Indonesia Tanpa Medali Asian Games 2022

Sabtu, 7 Oktober 2023 13:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) diwakili  Kabid Binpres Rionny Mainaky resmi minta maaf usai pulang tanpa medali di Asian Games 2022. Copyright: © PBSI
Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) diwakili Kabid Binpres Rionny Mainaky resmi minta maaf usai pulang tanpa medali di Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) diwakili Kabid Binpres Rionny Mainaky resmi meminta maaf usai pulang tanpa medali di Asian Games 2022.

Diketahui, tim bulutangkis Indonesia meleset jauh dari target di Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China pada 28 September hingga 7 Oktober.

Hal itu dipastikan saat Fajar Alfian/Rian Ardianto, Anthony Ginting, hingga Gregoria Mariska, kompak terdepak di perempat final kategori individu.

Selain mereka, pebulutangkis Indonesia lainnya juga rontok massal, bahkan di ajang beregu pun tak bisa beranjak dari babak perempat final.

Capaian ini menjadi sejarah kelam bagi tim bulutangkis Indonesia yang gagal meraih satu pu medali emas di Asian Games.

Di edisi-edisi sebelumnya, tim bulutangkis Indonesia selalu nyaris menyumbangkan medali, bahkan menjadi negara tersukses kedua sepanjang sejarah Asian Games setelah China.

Dalam keterangan resmi, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, menyatakan ini merupakan tanggung jawabnya.

"Saya atas nama tim bulutangkis Indonesia meminta maaf kepada Kemenpora, NOC Indonesia, dan seluruh masyarakat Indonesia atas kegagalan ini. Hasil ini tanggung jawab saya sebagai Kabid Binpres," ucap Rionny Mainaky.

"Tapi izinkan saya untuk menyampaikan evaluasi dan kendala yang dihadapi tim secara lebih utuh nanti setelah saya, tim pelatih dan pengurus mengadakan rapat setibanya di Jakarta," lanjutnya mewakili PBSI.

Rionny Mainaky juga tidak menampik bahwa banyak sisi yang harus segera usai kegagalan di hajatan Asian Games 2022.