In-depth

3 Momen Bersejarah di Kejuaraan Dunia Junior 2023, Indonesia Terdepan!

Senin, 9 Oktober 2023 09:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Mengulas tiga momen bersejarah di Kejuaraan Dunia Junior 2023, salah satunya adalah momen Alwi Farhan sukses menyabet medali emas. Copyright: © PBSI
Mengulas tiga momen bersejarah di Kejuaraan Dunia Junior 2023, salah satunya adalah momen Alwi Farhan sukses menyabet medali emas.

INDOSPORT.COM – Mengulas tiga momen bersejarah di Kejuaraan Dunia Junior 2023, salah satunya adalah momen Alwi Farhan sukses menyabet medali emas.

Bertanding, di Spokane, Amerika Serikat, tim bulutangkis Indonesia berhasil mencatatkan tinta emas di Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Mengirimkan dua wakil di partai final, Indonesia sukses menyabet satu medali emas melalui Alwi Farhan dan satu medali perak oleh Chiara Marvella Handoyo.

Hasil ini menjadi pelipur lara bagi skuad junior Indonesia yang gagal total meraih medali emas dalam tiga edisi terakhir Kejuaraan Dunia Junior.

Terakhir kali wakil Indonesia yang berhasil meraih emas terjadi pada edisi 2017, di mana kala itu Gregoria Mariska berhasil keluar sebagai juara di nomor tunggal putri.

Namun, selain kegemilangan Alwi Farhan dan Chiara Marvella Handoyo, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa momen bersejarah di Kejuaraan Dunia Junior 2023. Berikut ulasannya.

Alwi Farhan Sabet Emas Perdana

Alwi Farhan keluar sebagai pencetak sejarah baru bagi tim bulutangkis junior Indonesia dengan menyabet medali emas perdana di Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Pebulu tangkis jebolan PB Exist itu berhasil menyabet emas usai mengalahkan unggulan ketiga asal China, Hu Zhean dengan skor 21-19, 19-21, 21-14.

Hasil ini sekaligus menjadi medali emas perdana bagi Indonesia di nomor tunggal putra sejak Kejuaraan Dunia Junior pertama kali dihelat pada 1992.

Di nomor tunggal putra sendiri, China berhasil mendominasi dengan mengamankan 12 gelar, diikuti Thailand dengan 3 gelar dan Korea Selatan dengan 2 gelar.

Kiprah Alwi juga termasuk gemilang di edisi 2023 kali ini. Ia berhasil menang dua gim langsung di seluruh pertandingan hingga babak semifinal.

Kegemilangan Alwi Farhan tentu bisa menjadi modal positifnya untuk mengembangkan kiprah di level senior pada beberapa turnamen ke depan.