In-depth

Ketika Tim B Indonesia Juara Umum Arctic Open 2018, Jepang dan Malaysia Sampai Sungkem!

Rabu, 11 Oktober 2023 09:07 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PBSI
Kilas balik tim B Indonesia yang berhasil juara Arctic Open 2018 yang membuat Jepang dan Malaysia sampai bertekuk lutut. Foto: PBSI. Copyright: © PBSI
Kilas balik tim B Indonesia yang berhasil juara Arctic Open 2018 yang membuat Jepang dan Malaysia sampai bertekuk lutut. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM – Kilas balik tim B Indonesia yang berhasil juara Arctic Open 2018 yang membuat Jepang dan Malaysia sampai bertekuk lutut.

Turnamen bulutangkis level super 500 yakni Arctic Open 2023 kembali dihelat di Vantaa, Finlandia, pada 10 hingga 15 Oktober dengan memperebutkan total hadiah hingga 420 ribu dolar AS.

Turnamen yang sekaligus menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024 ini diikuti oleh pebulu tangkis papan atas dunia seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Namun, mari sejenak mengenang kejayaan tim B Indonesia yang dihuni Gregoria Mariska ketika menjadi juara umum di Arctic Open 2018.

Sebelum diubah menjadi Arctic Open, kala itu turnamen ini masih bernama Finnish Open yang juga dihelat di Vantaan Energia Areena.

Akan tetapi, Finnish Open masih berstatus sebagai turnamen dengan level international challenge sehingga ajang ini tak diikuti oleh pebulu tangkis papan atas di ranking BWF.

Indonesia sendiri kala itu menurunkan skuad cadangan seperti Gregoria Mariska, Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, hingga Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi.

Namun, dengan skuad cadangan tersebut, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengamankan tiga gelar di Arctic Open 2018.

Indonesia berjaya di sektor tunggal putri ada Gregoria Mariska yang berhasil mengalahkan rekan senegara, Ruselli Hartawan, dengan skor 21-7, 21-13.

Di sektor ganda putra ada Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi yang gemilang merebut gelar juara usai mengalahkan Rehan Naufal Kusharjanto/Pramudya Kusumawardana.

Terakhir di sektor ganda campuran ada Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami yang berhasil mengalahkan Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow dan meraih juara.

Kala itu, Indonesia berhasil membuat tim bulutangkis Jepang dan Malaysia bertekuk lutut meski mengirimkan wakil terbaik di Arctic Open 2018.