In-depth

Alyssa Tirtosentono, Pebulutangkis Berdarah Indonesia yang Cetak Sejarah di Belanda

Rabu, 18 Oktober 2023 14:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Djarumbadminton.com
Mengenal Alyssa Tirtosentono, pebulutangkis berdarah Indonesia yang berhasil meraih juara di Luxembourg Open 2023. Copyright: © Djarumbadminton.com
Mengenal Alyssa Tirtosentono, pebulutangkis berdarah Indonesia yang berhasil meraih juara di Luxembourg Open 2023.

INDOSPORT.COM – Mengenal Alyssa Tirtosentono, pebulutangkis berdarah Indonesia yang berhasil meraih juara di Luxembourg Open 2023.

Nama Alyssa Tirtosentono mungkin masih terdengar asing di telinga penggemar bulutangkis atau Badminton Lovers di Indonesia.

Ia merupakan pebulutangkis berkewarganegaraan Belanda namun memiliki darah Indonesia. Tepatnya di memiliki keturunan Jawa.

Darah Indonesia mengalir di darah Alyssa Tirtosentono dari sang kakek. Sementara sang ayah merupakan orang asli Suriname yang menikah dengan perempuan asal Belanda.

Karier Alyssa bersama tim bulutangkis Belanda terbilang cukup gemilang. Tercatat, ia turun di dua sektor yakni ganda putri dan ganda campuran.

Belum lama ini saja, Alyssa berhasil menyabet gelar juara di turnamen BWF level international series yakni Luxembourg Open 2023 yang dihelat pada Mei lalu.

Alyssa yang berpasangan dengan Kisrten De Witt berhasil mencetak sejarah juara di turnamen level international series untuk pertama kalinya di sepanjang karier mereka.

“Ini adalah kemenangan kami di rangkaian international series. Saya sangat senang dengan kemajuan yang kami capai dalam beberapa bulan terakhir,” tulis Alyssa.

“Bangga dengan pencapaian kami dan mari untuk terus berkarya.”

Kiprah Kirsten/Alyssa di perempat final cukup apik usai mengalahkan wakil Polandia, Paulina Hankiewicz/Anastasia Khomich dengan skor 21-19, 21-14.

Lalu di semifinal, pasangan ganda putri Belanda itu sukses menaklukkan wakil Turki, Bengisu Ercetin/Nazlican Inci dalam rubber game ketat dengan skor 21-19, 15-21, 21-17.

Puncaknya, di final Luxembourg Open, Kirsten De Witt/Alyssa Tirtosentono berhasil mengalahkan wakil Denmark, Amalie Cacilie Kudsk/Signe Schulz dengan skor 21-14, 8-21, 21-19.